Ciri dan Gejala Infeksi Radang Panggul

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda bertanya-tanya penyakit apa saja yang menyeramkan bagi wanita? Penyakit yang menyeramkan dan sering membuat gelisah ialah infeksi radang panggul. Lalu bagaimana mengenali ciri dan gejala infeksi radang panggul yang terjadi pada wanita?

Apa yang Dimaksud dengan Infeksi Radang Panggul?

Infeksi radang panggul ialah infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita atau komplikasi yang dikarenakan oleh adanya penyakit menular seksual, baik itu bakteri klamidia dan sifilis. Bakteri menjangkit organ kewanitaan karena berhubungan seksual dengan orang yang tercemar penyakit kelamin tanpa menggunakan kondom.

Radang panggul juga dapat terjadi oleh adanya hambatan leher rahim terganggu karena penggunaan alat kontrasepsi spiral (IUD), penyakit yang timbul setelah melahirkan, terjadinya keguguran atau aborsi. Radang panggul juga dapat terjadi oleh karena kuman yang menginfeksi organ intim perempuan. Gejala organ intim yang mengalami infeksi ialah terjadinya keputihan dan rasa sakit saat buang air kecil. Infeksi bisa naik ke atas sampai ke rahim,  dan ovarium. Radang panggul juga dialami oleh wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual dan sudah tahu jika dirinya mengalami penyakit menular seks tapi tidak segera diobati.

Ciri dan Gejala Penyakit Radang Panggul

  1. Penderita merasa nyeri yang hebat pada perut bagian bawah.
  2. imunitas menurun dan seringkali terjadi demam tiba-tiba. Sering merasa demam yang hilang dan muncul kembali.
  3. Mengalami keputihan yang cukup parah dari organ intim wanita, cairan keputihan berwarna serta berbau menyengat, keputihan yang keluar jumlahnya semakin banyak.
  4. Merasa nyeri sakit dan menderita saat berhubungan seksual.
  5. Saat berhubungan seksual organ kelamin sering berdarah.
  6. Merasa sensasi yang terbakar saat buang air kecil.
  7. Mengalami perdarahan atau keluarnya flek saat bukan siklus menstruasi.

Pengobatan yang Dapat Ditempuh Bagi Penderita Radang Panggul

  • Pemberian Antibiotik. Dokter akan memberikan antibiotik sebelum menerima hasil lab. Jika sudah dan terbukti mengalami radang panggul maka bisa segera minum antibiotik hingga habis. Antibiotik bersifat membunuh bakteri dan virus.
  • Pengobatan dan Pemeriksaan Pada Pasangan. Agar tidak terjangkit lagi penyakit ini maka pasangan juga harus mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan. Karena besar kemungkinan infeksi atau bakteri juga berada pada alat kelamin pria.
  • Tidak Berhubungan Seksual. Sebaiknya penderita tidak berhubungan seksual sampai pengobatan selesai dan setelah tes.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri dan gejala infeksi radang panggul. Semoga bermanfaat bagi Pembaca wanita untuk dapat menjaga kebersihan organ intim dan memberitahu pria agar lebih waspada dalam menjaga kesehatan alat reproduksi. Ada baiknya pasangan saling menasehati untuk bersama-sama menjaga kebersihan organ intim sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here