Ciri dan Gejala Kanker Payudara pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Payudara merupakan bagian organ tubuh atas yang terdapat pada manusia. Payudara termasuk dalam modifikasi dari kelenjar keringat yang berkembang menjadi susunan kompleks pada wanita dan rudimenter atau tidak berkembang pada pria.

Pada wanita, pertumbuhan payudara terus berlanjut hingga dewasa nanti, sedangkan pada pria, pertumbuhan payudara berhenti pada waktu lahir. Pertumbuhan dan perkembangan payudara dipengaruhi oleh hormon ovarium  dan hipofisis.

Seiring dengan proses pertumbuhan payudara, tidak jarang ada beberapa orang mengalami masalah atau penyakit pada payudara. Salah satu penyakit yang paling sering di derita pada bagian payudara adalah kanker payudara. Di Indonesia kanker payudara termasuk kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks uteri.

Kanker payudara merupakan kanker yang terjadi karena ada keganasan pada sel-sel yang terdapat di jaringan payudara, dapat berasal dari komponen kelenjarnya, atau dari jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan pada jaringan payudara. Sejauh ini, yang sering kita dengar bahwa kasus kanker payudara paling banyak terjadi pada wanita. Tetapi perlu anda ketahui, bahwa kanker payudara ternyata dapat menyerang pria juga.

Meskipun kasus kanker payudara jarang kita dengar pada pria karena hanya ada kemungkinan satu persen itu terjadi. Tetapi kanker payudara pada pria ini terjadi cukup sering. Usia terbanyak terjadi kasus kanker payudara yaitu pada usia 50 tahun.

Penyebab kanker payaudara pada pria belum diketahu secara pasti. Tetapi ada beberapa dokter yang meyakini bahwa kanker payudara pada pria disebabkan karena beberapa hal seperti adanya mutasi gen, faktor genetik, pembesaran payudara yang abnormal, dan karena konsumsi rokok yang menyerang bagian lain lalu menyebar ke bagian payudara.

Untuk mengetahu adanya kanker payudara pada pria. Berikut ciri-ciri dan gejala yang dapat muncul apabila seorang pria terkena penyakit kanker payudara :

  1. Puting berdarah

Jika anda sudah mengalami perdarahan pada puting biasanya menandakan bahwa stadium kanker payudara yang anda alami sudah pada fase yang berbahaya. Keluarnya cairan tersebut berwarna merah atau terkadang seperti susu dari puting.

  1. Merasa lelah dan lemah

Rasa lelah dan lemah pada kanker payudara juga disertai dehidrasi karena pertumbuhan sel kanker tersebut seiring berjalannya waktu dapat mengganggu fungsi tubuh sehingga penderita akan merasa lelah dan lemah.

  1. Penurunan berat badan

Orang yang terkena kanker payudara cenderung mengalami penurunan nafsu makan, sehinnga mengakibatkan asupan makanan yang dikonsumsi menurun dan berdampak pada penurunan berat badan penderita.

  1. Adanya perubahan pada tekstur payudara

Perubahan yang terjadi pada payudara berupa kulit disekitar puting berubah menjadi bersisik, adanya kemerahan dengan rasa gatal serta payudara mengkerut dan puting biasanya akan masuk ke dalam.

  1. Terdapat benjolan pada payudara

Benjolan pada payudara akan terasa sakit atau mengalami penebalan pada jaringan payudara. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here