Ciri dan Tanda Anak Sehat dan Bergizi Baik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebutuhan gizi anak-anak memang harus menjadi prioritas orang tua, hal ini harus diperhatikan untuk tumbuh kembangnya. Kita harus peka terhadap tanda dan keluhan yang mungkin muncul ketika anak gizinya terpenuhi atau bahkan kekurangan gizi.

Ada beberapa ciri dan tanda yang menunjukan bahwa gizi anak Anda terpenuhi.

  • Tubuhnya tumbuh

Artinya, semakin usianya bertambah, berat dan tinggi badannya juga bertambah. Tapi ingat, pertumbuhan ini juga tidak berlebihan. Berat dan tinggi badannya terlihat berbeda dari usia anak-anak sehat seusianya, berarti ada sedikit kelainan. Sebaiknya segera diperiksa ke dokter.

  • Postur tubuh yang tegap dengan otot

Anda bisa memeriksanya secara cermat dengan cara meraba dan melihat postur tubuhnya. Untuk membuat pertumbuhan otot dan tulang Anda ideal diperlukan kalsium dan vitamin D.

  • Rambut yang kuat dan berkilau

Keadaan rambut juga bisa mengindikasikan ada sesuatu yang buruk dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak Anda. Asupan zinc, vitamin C, vitamin D.

  • Kulit mulus dan kuku yang bersih

Kekurangan vitamin A dan E bisa terlihat dari kondisi kuku dan kulit anak Anda.

  • Bibir terlihat segar, mata bening dan wajah yang ceria

Anak-anak yang sehat mempunyai wajah yang selalu ceria, tidak mudah marah, tidak pemalu, matanya bening karen kecukupan vitamin A, bibirnya lembab karena cukup asupan vitamin E dan zinc.

  • Nafsu makan dan BAB yang teratur

Metabolisme tubuh yang baik menunjukan bahwa tubuh kita sedang berada dalam kesehatan. Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa sehari tidak buang air besar (BAB) sama dengan memendam 24 batang rokok. Sayuran berperan aktif untuk melancarkan buang air besar untuk anak Anda.

  • Berbicara lancar dan bergerak aktif

Berbicara dan bergerak aktif menunjukan bahwa sistem motorik anak Anda bekerja seperti seharusnya. Vitamin B, yodium, zinc dan zat besi adalah zat-zat yang harus diutamakan untuk mengembangkan sistem motorik anak.

  • Reaksi yang aktif dan penuh perhatian

Tentunya anak yang sehat, fisik dan mentalnya akan berkembang secara sempurna. Mereka dapat berinteraksi dengan sekitarnya, mempunyai sifat ingin tahu, bereaksi aktif dan tentunya berprestasi sesuai dengan usianya.

  • Tidur nyenyak

Istirahat yang berkualitas dapat menandakan bahwa tidak ada masalah dengan kesehatannya. Tidur adalah waktu dimana sel-sel otak dapat dikembangkan menjadi lebih sempurna dari waktu ke waktu.

Pada tahap perkembangannya, kita jangan sampai teledor dan melewatkan nutrisi dan gizi yang baik sebagai penunjang pertumbuhannya. Banyak sekali orang tua yang beranggapan bahwa apa yang mereka lakukan sudah sesuai dengan kebutuhan gizi sang anak. Padahal, pada kenyataannya, hal tersebut belum cukup. Hal terbaik untuk memastikan pertumbuhan anak Anda sempurna, baik secara fisik maupun psikis, Anda disarankan untuk memeriksakan kondisi anak Anda secara berkesinambungan kepada dokter anak.

Sumber gambar : www.rumahkeluargaindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here