Ciri dan Tanda Gejala Batu Kandung Kemih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu batu kandung kemih? Batu kandung kemih merupakan segumpal mineral keras pada kandung kemih yang terjadi apabila kita tidak mengosongkan kandung kemih atau buang air kecil tidak secara tuntas, sehingga hal ini membuat urin menggumpal dan membentuk kristal mineral. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang batu kandung kemih ini. Batu di dalam saluran kemih ini adalah batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan menyebabkan rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi.

Terbentuknya batu kandung kemih bisa terjadi karena air kemih jenuh dengan garam-garam yang dapat membentuk batu atau karena air kemih kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal. Sekitar 80% batu terdiri dari kalsium, sisanya mengandung berbagai bahan, termasuk asam urat, sistin dan mineral struvit. Ukuran batu bervariasi, mulai dari yang tidak dapat terlihat mata sampai yang sebesar 2,5 cm atau lebih.

Batu kandung kemih dapat terjadi pada seseorang yang tidak rutin buang air kecil dan atau tidak tuntas ketika buang air kecil. Batu kandung kemih umumnya terjadi pada kaum pria dengan usia di atas 50 tahun, dan lebih sedikit ditemukan pada kaum wanita.

Lalu apa saja yang bisa menjadi ciri atau tanda serta gejala seseorang menderita batu kandung kemih? Perlu diketahui bahwa mungkin batu kandung kemih tidak menyebabkan gejala apabila ukurannya yang masih cukup kecil sehingga batu itu dapat dikeluarkan bersamaan ketika buang air kecil. Namun perlu juga diwaspadai tanda-tanda dan gejala umum dari batu kandung kemih, seperti:

  1. Nyeri pada perut bagian bawah, dan terkadang rasa sakitnya terasa begitu intens.
  2. Untuk pria, merasakan sakit pada penis.
  3. Merasa sulit atau sakit saat buang air kecil.
  4. Lebih sering buang air kecil, terlebih lagi ketika malam hari.
  5. Urin berwarna gelap.
  6. Terdapat darah pada urin.

Batu dalam kandung kemih dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis ataupun tubulus renalis dapat menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis. Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang muncul dan hilang umumnya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, kemudian menjalar sampai ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Selain gejala yang disebutkan di atas, gejala yang mungkin muncul lainnya adalah mual muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan adanya darah pada urin. Penderita batu kandung kemih ini menjadi sering buang air kecil terutama ketika batu melewati ureter.

Gejala-gejala yang disebutkan di atas hanyalah beberapa gejala yang sering muncul ketika seseorang mengalami batu kandung kemih. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala lain yang belum disebutkan di atas. Jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut dan memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, segeralah konsultasikan ke dokter. Segeralah menghubungi dokter apabila Anda mengalami salah satu gejala yang sudah disebutkan di atas, terutama apabila Anda menderita sakit perut berkepanjangan, sering merasa harus buang air kecil dan terlebih jika ada darah pada urin Anda. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here