Ciri dan Tanda Gejala Jika Terinfeksi Bakteri Escherichia Coli (E.Coli)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang akan terkena penyakit pasti akan timbul tanda dan gejala dari mulai ringan sampai berat. Pada umumnya seseorang yang telah terinfeksi bakteri Escherichia Coli (E.Coli) akan mempunyai ciri-ciri yang terlihat dari luar seperti lemah, pucat, kehilangan nafsu makan dan timbul rasa sakit atau nyeri.

Sedangkan tanda dan gejala mulai terjadi saat bakteri E.coli sudah memasuki usus dan waktu inkubasi atau perkembangan gejala dapat berlangsung antara 24-72 jam. Berikut ini tanda dan gejala pada seseorang yang telah terinfeksi bakteri E.coli antara lain:

  1. Demam
  2. Mual dan muntah
  3. Kelelahan
  4. Diare ringan atau akut dan diare berdarah, dengan gejala Dehidrasi, kulit pucat, frekuensi kencing dan volume air kencing berkurang, feses bercampur lendir dan darah.
  5. Urine berdarah
  6. Memar kulit
  7. Gas dalam perut
  8. Kram perut atau nyeri perut

Selain gejala umum diatas, terdapat gejala khusus pada organ tubuh tertentu yang sudah terinfeksi oleh bakteri E.coli diantaranya:

  1. Infeksi Otak (Meningitis). Gejala pada bayi yaitu demam, warna kuning pada tubuh, penurunan nafsu makan, gangguan saraf, gangguan pertumbuhan dan henti napas. Gejala pada anak umumnya muntah, kejang, nyeri kepala, bingung dan penurunan kesadaran.
  1. Infeksi Paru-paru (Pneumonia). Gejalanya seperti demam, sesak napas, napas cepat, dan adanya lendir pada jalan napas.
  2. Infeksi Rongga perut. Gejala yang timbul yaitu demam tinggi, menggigil, nyeri perut kanan atas dan perubahan warna kuning pada tubuh, timbul nanah dan penurunan tekanan darah.
  3. Infeksi Saluran Cerna. Menyebabkan diare dengan gejala, feses berair dengan frekuensi BAB lebih dari 3 kali sehari dan pada disentri menyebabkan diare bercampur darah, demam dan dehidrasi.
  4. Infeksi saluran kemih. Gejalanya yaitu demam tinggi, nyeri saat berkemih, sering berkemih. Pada prostat timbul gelaja seperti demem tinggi, menggigil, nyeri di sekitar anus, nyeri berkemih, sering berkemih dan nyeri punggung bawah.

Berberapa ciri, tanda dan gejala diatas yang sering terjadi pada orang dengan infeksi bakteri E.coli. Mengenali secara dini tanda dan gejala bermanfaat agar dapat dilakukan pencegahan dengan tindakan pertolongan pertama secara tepat. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here