Ciri dan Tanda Gejala Penyakit Gizi Buruk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi buruk didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi karena penderitannya mengalami kurang asupan nutrisi. Namun anda harus membedakannya dengan kurang nutrisi karena kurang nutrisi hanya sebatas menghambat perkembangan dan pertumbuhan penderitannya, sedangkan gizi buruk lebih dari hanya menghambat yaitu hingga menyebabkan kondisi klinis yang buruk.

Kondisi gizi buruk yang diketahui lebih dini tentunya akan lebih baik juga karena anda akan mendapatkan penanganan yang cepar dan gizi buruk teratasi. Berbeda dengan orang yang terdeteksinya lama, mereka akan sulit disembuhkan apalagi jika sudah mengalami komplikasi.

Keterlambatan deteksi gizi buruk bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu karena masyarakat tidak mengetahui bagaimana ciri sebenarnya orang yang terkena gizi buruk. Sebab jika pengetahuan mereka mengenai gizi buruk itu baik, pasti bisa mengetahui ciri dari gizi buruk dan segera berobat. Untuk membatu pendeteksian dini terhadap gizi buruk, berikut penjelasan di bawah ini mengenai ciri, tanda dan gejala dari gizi buruk.

Gizi buruk bisa menyerang siapa saja baik anak, balita dan dewasa, karena yang diserang berbeda maka ciri-cirinya juga berbeda. Tetapi tenang saja karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai ciri, tanda dan gejala gizi buruk pada anak-anak atau balita dan juga dewasa.

Ciri, Tanda dan Gejala Gizi Buruk anak

Untuk anak-anak yang terkena gizi buruk, mereka akan memperlihatkan ciri-ciri dan gejala seperti berikut ini:

  1. Anak akan gagal tumbuh. Gagal tumbuh yang dialami yaitu terhambatnya pertumbuhan fisik yang sesuai dengan umur mereka. Gagal tumbuh ini meliputi berat badan rendah, dan badan yang cenderung pendek.
  2. Kulit mengering sepeti sisik
  3. Sering mengalami perubahan emosi seperti mudah marah, lesu, rewel, cemas dan juga kurang respon
  4. Anak mengalami atrofi otot dan juga kekuatan ototnya menurun
  5. Adanya pembengkakan atau edema pada bagian tubuh seperti kaki dan perut
  6. Rambut rapuh dan mudah rontok
  7. Lingkar lengan lebih kecil dari ukuran normal usianya
  8. Tekanan darah dan denyut jantung lebih rendah
  9. Mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan sakit perut

Ciri, Tanda dan Gejala Gizi Buruk Orang Dewasa

Untuk orang dewasa yang terkena gizi buruk, berikut ciri dan gejala yang akan muncul:

  1. Sama halnya gizi buruk pada anak, orang dewasa dengan gizi buruk juga akan mengalami penurunan berat badan bahkan bisa mencapai 10 persen dalam waktu tiga bulan
  2. Memiliki Indeks masa tubuh yang kecil. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here