Ciri dan Tanda Gejala Wanita Kekurangan Hormon Progesteron

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Progesteron merupakan salah satu hormon yang populer jika membicarakan tentang sistem reproduksi pada wanita. Progesteron juga memiliki peran penting pada sistem reproduksi wanita karena merupakan hormon pada kelamin wanita yang terjadi secara alami.

Keberadaan progesteron sangat membantu wanita, contohnya ketika masih muda atau belum mengalami menopause, progesterin digunakan untuk mengatur siklus menstruasi dan mengatasi masalah jika menstruasi tidak terjadi secara normal. Saat menopause rogesteron juga tidak terlepas perannya pada sistem reproduksi wanita yaitu membantu mencegah perubahan di dalam rahim.

Dari berbagai manfaat progesteron tersebut dapat kita lihat sistem reproduksi sangat membutuhkan hormon progesteron. Namun, perlu anda ketahui ada saatnya hormon progesteron dapat mengalami penurunan sehingga membuat tubuh wanita kekurangan progesteron yang tentunya berdampak buruk pada tubuh khususnya sistem reproduksi. Untuk mengetahui seorang wanita kekurangan progesteron, anda bisa mengetahuinya dengan melihat ciri, tanda dan gejalannya wanita kekurangan progesteron sebagai berikut ini:

  1. Tanda dan gejala awal, pada awal kekurangan progesteron, ciri-ciri dapat dilihat dengan bertambahnya berat badan berlebih atau tidak terkendali Selain itu juga akan terjadi retensi air dan kekeringan pada vagina.
  2. Jika tanda awal tidak ditangani dengan baik maka akn memperburuk keadaan tubuh anda. Tanda dan gejala awal yang dibiarkan dan tidak ditangani akan memunculkan gejala seperti sering merasa panik, migren, masalah gula darah, depresi dan terjadi gangguan siklus menstruasi.
  3. Progesteron yang rendah atau berkurang juga dapat meningkatkan wanita untuk berisiko terkena penyakit kronis dan berbahaya seperti tumor, kanker, fibroid, osteoporosis, penyakit jantung dan stroke.
  4. Tanda dan gejala yang cukup berat yaitu terjadinya infertilitas yang bertahun-tahun jika kadar progesteron sangat kurang dalam tubuh. Keguguran juga bisa terjadi.
  5. Disfungsi tiroid
  6. Rambut anda menjadi rontok
  7. Kulit menjadi menipis
  8. Munculnya kerutan pada kulit karena adanya hidrasi yang mulai menghilang
  9. Mengalami alzheimer.
  10. Ketidakmampuan dalam menghadapi stress
  11. Rasa nyeri dan sakit meningkat dalam tubuh
  12. Terjadinya kerusakan myelin yang memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel saraf.

Itulah ciri, tanda dan gejala wanita yang kekuarangan hormon progesteron. Cukup banyak dan cukup berbahaya tentunya. Untuk itu sebaiknya jaga keseimbangan kadar hormon progesteron agar keseimbangan sistem tubuh juga baik. Anda bisa menjaga keseimbangan hormon progesteron dengan mulai menjaga gaya hidup yang sehat dan jika mungkin gejala awal muncul, sebaiknya cepat pergi ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan penanganan cepat dan tidak berlanjut ke risiko yang lebih parah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here