Ciri dan Tanda Kehamilan Anak Kembar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga merupakan suatu hal yang sangat dinanti-nantikan setelah kedua insan menyelesaikan proses pernikahan. Sebab dengan hadirnya anak di dalam keluarga menandakan bahwa anda dan suami saling mencintai dan menambah hangatnya suasana di dalam keluarga anda.

Sebelum mendapatkan anak, seorang wanita akan melalui proses kehamilan dan akhirnya melahirkan. Berbicara kehamilan, seorang wanita bisa saja mengandung satu bayi atau dua dan lebih yang biasanya dikenal dengan anak kembar. Namun, kejadian wanita hamil anak kembar sangat sedikit karena tidak semua orang berbakat memiliki anak kembar.

Kehamilan anak kembar ada tiga macam. Pertama, kembar identik yaitu bayi kembar yang berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma.dan dalam prosese perkembangannya mengalami pemisahan menjadi dua janin.

Jenis kedua, kembar tidak identik atau kembar fratenal yaitu bayi kembar yang berasal dari dua sel telur yang dibuahi oleh dua sel sperma. Yang membendakan pada kembar tidak identik ini bayi bisa saja berjenis kelmin sama atau bahkan berbeda.

Memang benar tidak semua wanita bekesempatan untuk mengalami kehamilan bayi kembar. Namun, cobalah perhatikan kehamilan anda barangkali bayi yang anda kandung merupakan bayi kembar. Berikut ciri dan tanda kehamilan anak kembar yang bisa anda perhatikan selama proses kehamilan:

  1. Garis indikator di alat uji kehamilan terlihat sangat jelas

Untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak biasanya menggunakan alat uji kehamilan. Pada ibu hamil denga anak kembar akan mengahasilkan garis indikator yang sangat terlihat jelas. Untuk memastikan kebenaran tersebut anda sebaiknya segera hubungi dokter terdekat.

  1. Terjadi peningkatan berat badan

Sebenarnya semua ibu hamil pasti mengalami peningkatan berat badan. Berat badan pada ibu hamil anak kembar biasanya akan bertambah berat badan kurang lebih 10 kilogram. Meski lemah namun ciri ini bisa menjadi salah satu idikator anda sedang mengandung anak kembar.

  1. Morning sickness yang berlebih

Banyak dari ibu dengan anak kembar mengalami morning sickness yang jumlahnya dua kali lipa lebih parah dari kehamilan tunggal. Jika anda termasuk yang sering morning sickness bisa jadi bayi yang dikandung adalah anak kembar.

  1. Spotting

Spotting atau lebih dikenal dengan flek. Flek tersebut menyerupai haid. Ibu hamil dengan anak kembar biasanya akan mengalami spoting dari gejala ringan sampai sedang.

  1. Ada keturunan kembar dari keluarga

Beberapa penelitian menunjukkan jika ada kecenderungan wanita yang hamil kembar memiliki latar belakang keluarga yang sebelumnya ada keturunan kembar.

  1. Hormone Hcg yang tinggi

Hormon Hcg pada ibu hamil anak kembar lebih tinggi kadarnya daripada ibu hamil anak tunggal. Tingginya kadar Hcg ditandai dengan ibu hamil merasa lebih mual, muntah berlebihan dan sering buang air kecil.

  1. Peningkatan kadar AFP

Dokter akan mengatakan anda memiliki atau hamil anak kembar jika terjadi peningkatan kadar alpha fetoprotein yang tinggi.

  1. Lihat hasil USG bayi anda

Ciri dan tanda yang paling meyakinkan jika anda hamil anak kembar adalah hasil USG menyatakan atau terlihat dua atau lebih kepala bayi saat pemeriksaan 28 minggu masa hamil dan terdengar detak jantung lebih dai satu pada saat usia kehamilan 12 minggu. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here