Ciri Makanan Kaya akan Antioksidan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Antioksidan adalah bahan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk secara alami dari dalam tubuh dan bisa diperoleh dari luar tubuh. Zat antioksidan akan selalu melindungi tubuh kita dari penyakit akibat radikal bebas seperti serangan jantung, tekanan darah tingii, kanker dan efek penuaan dini. Antioksidan juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Setiap manusia akan membutuhkan zat antioksidan agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, maka kebutuhan antioksidan harus terpenuh. Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan bisa anda dapatkan dari makanan. Ciri-ciri makanan yang kaya antioksidan bisa anda dapatkan dari berbagai makanan seperti berikut ini:

  1. Buah

Anda bisa mendapatkan antioksidan yang tinggi dari buah-buahan. Misalnya dari Buah berry-berryan seperti blackberry, raspeberry, blueberry, strawberry, cranberry kaya akan nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh yang baik untuk mencegah sakit, buah Kurma memiliki kandungan antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan buah kiwi mengandung antioksidan yang membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, terutama dalam usus. Buah manggis kaya akan alfa mangostin, beta mangostin, dan garcinone B dalam manggis membantu menghambat infeksi bakteri penyebab TBC. Buah Jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C membantu menjaga sistim imun dalam tubuh sehingga meningkatkan kandungan antioksidannya.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang mengandung zat antioksidan tinggi, diantaranya kacang merah, kacang pinto kering, dan kacang merah kecil. Selain mengandung antioksidan, ketiganya juga mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh.

  1. Sayuran hijau

Sayuran memang sudah dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan, begitu juga untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar kita. Brokoli adalah sayuran yang mengandung antioksidan tertinggi. Beberapa sayuran lain yang kaya antioksidan antara lain, kale, bayam, kol, kubis brussel, lobak dan sawi hijau.

  1. Teh

Teh yang biasa di minum untuk melepas dahaga ternyata juga memberikan manfaat antioksidan. Baik itu teh hijau ataupun hitam, keduanya mengandung senyawa antioksidan yang setara.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian makanan kaya akan antioksidan yang mudah untuk dikonsumsi sehari-hari. Contoh biji-bijian yang menyediakan cukup antioksidan antara lain kacang merah, kacang almond, beras merah, gandum.

  1. Minyak

Tidak semua minyak buruk untuk kesehatan. Adapun minyak yang kaya akan zat antioksidan antara lain minyak kenari, minyak gandum, minyak zaitun, dan minyak nabati justru membawa manfaat bagi tubuh, karena mengandung antioksidan. Tak hanya itu, minyak-minyak tersebut juga membantu untuk menyerap vitamin antioksidan yang larut minyak di dalam makanan lainnya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here