Citra Tubuh Remaja

SehatFresh.com – Di masa puber, remaja mulai memerhatikan penampilan fisiknya. Mereka juga mulai membandingkan tubuh mereka dengan orang lain. Bagaimana seseorang memandang dan memikirkan tubuhnya digambarkan sebagai citra tubuh (body image). Citra tubuh remaja yang positif adalah bagian penting dari kepercayaan diri yang sehat serta dapat membantu remaja berpikir dan merasa positif tentang tubuhnya.

Citra tubuh yang positif atau sehat adalah perasaan senang dan puas tentang tubuh, serta nyaman dengan penampilan. Sedangkan citra tubuh negatif atau tidak sehat digambarkan sebagai ketidakpuasan akan penampilan diri sendiri. Citra tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor ini termasuk keluarga, sikap teman sebaya, media dan iklan, industri fashion dan latar belakang budaya. Media sosial juga memiliki pengaruh besar pada citra tubuh remaja, terutama ketika remaja memposting dan melihat foto diri mereka sendiri dan orang lain di media sosial.

Sejatinya, sangat normal jika ada rasa gelisah dengan citra tubuh di masa remaja. Perubahan fisik dan emosional yang drastis selama pubertas memang biasanya diiringi dengan cara pandang terhadap tubuh. Komentar teman, pengaruh media, dan tekanan orang tua atau lingkungan sekitar juga seringkali menjadi hal yang membuat remaja mengembangkan citra tubuh yang negatif.

Citra tubuh negatif bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Pada kasus yang parah, banyaknya tekanan baik itu internal maupun eksternal terkait penampilan bisa mengakibatkan kurang percaya diri, kurang tidur, depresi, bulimia, anoreksia hingga gangguan yang disebut body dysmorphic disorder, yaitu gangguan psikologis di mana seseorang terobsesi memperbaiki kekurangan dalam penampilannya yang biasanya dibuat-buat sendiri.

Selain dari kesadaran diri sendiri, dukungan orang-orang sekitar akan sangat membantu seseorang agar tidak terjebak pada citra tubuh yang negatif. Menghargai dan menerima kondisi tubuh apa adanya adalah langkah awal membangun citra diri yang positif.

Poin-poin penting lainnya adalah :

  • Tanamkan pada diri bahwa penampilan dan kesehatan adalah dua hal yang berbeda. Kesehatan adalah prioritas yang paling utama.
  • Bergaulah dengan orang-orang yang mendukung dan bisa menerima penampilan kita apa adanya.
  • Jika ingin mengubah penampilan, pastikan hal tersebut realistis untuk diwujudkan. Perlu diingat bahwa merubah penampilan itu butuh waktu dan proses. Maka dari itu, sebaiknya tidak melakukan hal-hal instan yang malah bisa merugikan kesehatan.

Sumber gambar : pramareola14.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY