Cradle cap

Cradle cap adalah istilah umum untuk dermatitis seboroik infantil yang menyebabkan bercak bersisik pada kulit kepala bayi. Meskipun cradle cap tidak serius, kondisi ini dapat menyebabkan pengerasan kulit yang tebal dan sisik putih atau kuning. Cradle cap biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Langkah-langkah perawatan diri seperti mencuci kulit kepala bayi setiap hari dengan sampo ringan dapat membantu melonggarkan dan menghapus skala cradle cap. Jika cradle cap berlanjut atau tampaknya parah, dokter mungkin menyarankan sampo obat, lotion atau pengobatan lainnya.

Gejala
Tanda umum dari cradle cap antara lain:
• Skala tambal sulam atau remah tebal di kulit kepala.
• Kulit berminyak ditutupi dengan sisik putih atau kuning bersisik.
• Penebalan sel kulit mati.
• Kemerahan ringan.

Skala yang sama juga dapat hadir di telinga, kelopak mata, hidung dan pangkal paha. Cradle cap paling sering terjadi pada bayi baru lahir. Hal ini tidak menular dan mungkin tidak akan mengganggu bayi Anda. Cradle cap biasanya tidak gatal untuk bayi. Cradle cap terkadang membingungkan karena mirip dengan kondisi kulit lain seperti eksim infantil. Hal yang perlu diingat adalah eksim biasanya menyebabkan gatal yang signifikan.

Kapan harus ke dokter?
Segera bawa bayi Anda ke dokter jika Anda telah mencoba perawatan rumah namun tidak menampakkan hasil atau jika patch menyebar ke wajah atau tubuh bayi.

Penyebab
Meskipun penyebab pasti dari cradle cap tidak diketahui, salah satu faktor penyebabnya mungkin hormon yang dilewatkan dari ibu ke bayi sebelum lahir. Hormon-hormon ini dapat menyebabkan produksi minyak abnormal (sebum) di kelenjar minyak dan folikel rambut. Faktor lain mungkin ragi (jamur) yang disebut Malassezia yang tumbuh di sebum bersama dengan bakteri. Perawatan anti-jamur ketoconazole biasanya bekerja efektif dan mendukung gagasan bahwa ragi adalah faktor yang berkontribusi terhadap cradle cap.

Perawatan dan pengobatan
Cradle cap biasanya tidak memerlukan perawatan medis karena dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu hingga bulan. Untuk sementara waktu, mencuci rambut bayi sekali sehari dengan sampo bayi ringan sikat kulit kepala dengan sikat lembut untuk melonggarkan skala. Jika sering keramas tidak membantu, konsultasikan dengan dokter bayi Anda. Dia mungkin merekomendasikan sampo yang lebih kuat seperti sampo ketombe dewasa yang mengandung tar, 2 persen dari obat antijamur ketoconazole atau 1 persen selenium sulfida untuk melarutkan skala. Pastikan sampo tersebut tidak terkena mata bayi karena dapat menyebabkan iritasi. Krim hidrokortison terkadang membantu untuk mengurangi kemerahan dan peradangan. Jangan gunakan kortison atau krim anti jamur tanpa berkonsultasi dengan dokter bayi, karena beberapa produk tersebut dapat menjadi racun ketika diserap melalui kulit bayi. Sampo ketombe yang mengandung asam salisilat tidak disarankan untuk digunakan pada bayi.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah
• Gosok kulit kepala bayi secara perlahan dengan jari atau kain lap untuk melonggarkan skala.
• Cuci rambut bayi sekali sehari dengan sampo bayi ringan dan sikat dengan sikat berbulu lembut kecil sebelum membilas sampo.
• Jika skala tetap menebal, gosok kuit kepala bayi dengan petroleum jelly atau beberapa tetes minyak mineral. Biarkan meresap ke dalam skala selama beberapa menit, kemudian sikat dan cuci rambut bayi seperti biasa. Jika masih ada sisa minyak di rambut, skala dapat menumpuk dan memperburuk cradle cap.
• Setelah skala hilang, cuci rambut bayi Anda setiap beberapa hari dengan sampo ringan untuk mencegah penumpukan skala.

Pencegahan
Cuci rambut bayi Anda setiap beberapa hari dapat membantu mencegah cradle cap. Gunakan sampo bayi ringan kecuali dokter merekomendasikan jenis sampo yang lebih kuat.