Cuci Tangan Dulu Sebelum Berbuka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sebaiknya dilakukan dalam berbagai kesempatan. Tidak terkecuali saat hendak berbuka puasa. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun saat berbuka puasa menjadi lebih krusial karena pertahanan tubuh menurun akibat kurang cairan dan asupan.

Setidaknya ada beberapa momen penting cuci tangan saat puasa, yakni menunggu waktu berbuka, sebelum memasak dan menyiapkan makanan, sebelum dan setelah membatalkan puasa dan setelah shalat tarawih.

Mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum makan, atau setelah naik transportasi umum, terbukti mampu menurunkan risiko penyebaran berbagai macam penyakit, seperti diare lebih dari 70%. Sayangnya, hanya 5% orang yang mampu mencuci tangannya dengan baik dan benar. Data lainnya ialah 10% dari 3.000 orang meninggalkan toilet umum tanpa mencuci tangannya sama sekali. Kalaupun ada yang mencuci, 33% di antaranya tidak menggunakan sabun kala mencuci tangan. Padahal, dengan tidak mencuci tangan berarti Anda memberikan jalan kepada banyak bakteri untuk hinggap di hidung atau mulut dan masuk ke dalam tubuh. Lalu, mengapa Anda harus mencuci tangan? Inilah penjelasannya:

  • Kuman tidak terlihat

Sifat bakteri, kuman, dan virus adalah microscopic. Itu artinya, Anda tidak bisa melihat mikroorganisme ini dengan mata telanjang. Perlu alat tersendiri untuk memastikannya. Mikroorganisme ini tersebar di mana-mana, termasuk di benda-benda terdekat Anda yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi, seperti smartphone, laptop, meja dan sebagainya. Mikroorganisme ini juga bisa tersebar dari berbagai aktivitas yang Anda lakukan, misalnya bersin, batuk, atau terlibat kontak dengan hewan. Untuk itu, penting untuk Anda selalu mencuci tangan setelah beraktivitas karena kuman tersebar di mana-mana meskipun Anda tidak melihatnya.

  • Sumber penyakit

Berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuh. Jatuh sakit adalah reaksi adanya infeksi di dalam tubuh oleh bakteri, kuman, atau virus.

  • Mencegah penyebaran kuman

Salah-satu cara efektif untuk tetap sehat adalah dengan mencuci tangan secara baik dan benar. Bagaimanapun, tangan memang sering digunakan untuk menyentuh bagian-bagian tubuh lain. Tanpa terasa Anda akan menyentuh pipi, mulut, hidung, atau mata. Jika tangan Anda kotor, kuman bisa sangat cepat tersebar.

  • Murah

Berapa biaya yang Anda habiskan saat Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat? Pasti tidaklah murah. Mencuci tangan hanya membutuhkan ‘modal’ berupa sedikit waktu, tenaga, sabun, dan air. Cobalah untuk mencoba disiplin untuk mencuci tangan agar Anda tetap sehat. Ini cara paling mudah dan murah untuk mencegah Anda sakit. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY