Daftar Bahan Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Trigliserida

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan pengecekan kesehatan secara berkala merupakan kegiatan yang baik dilakukan. Manfaatnya adalah kita dapat mengetahui kondisi kesehtan tubuh sendiri, selain itu kita juga bisa mendeteksi kelainan-kelainan yang ada di dalam tubuh.

Salah satu program yang dapat kita ikuti di fasilitas kesehatan adalah melakukan pengecekan kadar trigliserida di dalam darah. Tentunya dengan mengambil sampel darah dari dalam tubuh Anda. Kadar trigliserida cukup penting untuk diketahui, karena kita hidup di era yang makanan instan yang tidak sehat. Selain itu gaya hidup yang boros mengakibatkan sering kali kalap ketika melihat menu-menu makanan yang terpampang di rumah makan.

Kita perlu untuk mengetahui kadar trigliserida di dalam tubuh kita, terutama bagi orang-orang yang memiliki berat badan melebihi normal. Trigliserida sendiri terbentuk dari lemak yang berasal dari makanan dengan rangsangan insulin atau kalori yang berlebihan karena konsumsi makanan yang juga berlebihan. Akibat dari hal tersebut adalah terbentuknya trigliserida dan karena jumlahnya banyak maka akan disimpan sebagai lemak di bawah kulit.

Sebenarnya, trigliserida memiliki manfaat yakni sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh otot-otot tubuh dalam beraktifitas. Atau dapat disimpulkan bahwa trigliserida digunakan sebagai simpanan energi dalam bentuk lemak. Kadar trigliserida yang baik di dalam darah adalah sekitar 150 mg/dl.

Apabila Anda memiliki kadar trigliserida yang lebih tinggi dari angka normal maka sebaiknya Anda harus lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dalam keseharian. Karena kadar trigliserida yang tinggi akan membahayakan tubuh, terutama akan menyebabkan kolesterol naik dan menyebabkan masalah yang lebih serius lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami kenaikan kadar trigliserida di dalam darah, maka sebaiknya Anda perlu mengganti menu makanan keseharian Anda dengan makanan-makanan yang lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah:

  1. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Asam lemak omega-3  mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh dan dipercaya apabila rutin mengonsumsinya akan membantu menurunkan kadar trigliserida di dalam darah. Contoh makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan laut seperti sarden, makarel dan salmon. Selain itu, ada juga bahan makanan seperti kedelai, kacang-kacangan dan sayuran yang berdaun hijau gelap.

  1. Protein nabati

Jenis makanan protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ternyata dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah. Contoh makanan yang dapat dipilih adalah kacang-kacangan yang sudah dikemas ke dalam tempe. Namun, jangan mengolah tempe dengan minyak yang tidak sehat.

  1. Serat

Makanan yang mengandung banyak serat tentu akan menurunkan kadar trigliserida karena serat juga baik dikonsumsi ketika seseorang sedang dalam program diet. Serat membantu mengatur bagaimana makanan diserap dan melewati tubuh Anda. Kandungan serat yang dikkonsumsi dalam tubuh bercampur dengan air dalam usus Anda untuk membentuk kandungan seperti gel di mana lemak menempel. Hal ini dapat mengurangi persentase lemak di dalam tubuh termasuk trigliserida. Contoh makanan yang banyak mengandung serat diantaranya buah-buahan dan sayur-sayuran.

  1. Minyak zaitun

Bagi Anda yang masih susah untuk jauh dari makan-makanan yang digoreng, sebaiknya Anda mengganti minyak yang biasa dengan minyak zaitun. Minyak zaitun juga memiliki peran penting karena bisa menurunkan kadar trigliserida serta lemak jenuh di dalam tubuh sehingga kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) bisa diturunkan, sementara HDL (High Density Lipoprotein) bisa lebih ditingkatkan.

  1. Kopi

Kopi yang disajikan dengan baik akan dirasakan manfaatnya oleh penikmatnya. Mengonsumsi kopi dengan takaran yang pas dan tidak terlalu sering justru akan menurunkan kadar trigliserida karena kandungan kafein di dalamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here