Daftar Bahan Makanan yang Wajib Tersedia Selama Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak terasa sebentar lagi bulan ramadhan akan segera tiba. Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat di tunggu-tunggu dan istimewa bagi kaum muslim atau orang yang beragama islam. Pada bulan ramadhan ini, orang islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Untuk menjalankan satu bulan berpuasa, biasanya akan banyak sekali persiapan yang dibutuhkan. Apalagi seorang ibu rumah tangga yang identik harus mempersiapkan makanan baik untuk dikonsumsi saat sahur atau saat berbuka. Sehingga tak jarang semua ibu rumah tangga memborong bahan makanan untuk persediaan satu bulan tersebut.

Mungkin anda berpikiran bahwa pengeluaran keuangan untuk bahan makanan pada saat bulan puasa akan berkurang karena hanya makan dua kali dalam sehari. Tetapi justru sebaliknya, ketika bulan puasa anda akan memiliki dorongan untuk membeli banyak bahan makanan dan cenderung membuat pengeluaran uang bulanan anda membengkak.

Agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran uang pada saat bulan puasa, sebaiknya anda membeli bahan makanan yang memang dibutuhkan sekali. Jangan semua bahan makanan diborong tetapi tidak semuanya dipakai atau dikonsumsi.

Sebenarnya ada beberapa bahan makanan yang memang wajib anda miliki ketika bulan puasa, dan jika anda hanya membeli bahan-bahan ini saja, sudah bisa untuk menekan pengualaran uang yang cenderung boros.

Berikut daftar bahan makanan yang wajib anda sediakan ketika bulan puasa:

  1. Kurma dan buah lainnya

Kurma merupakan buah yang identik dengan puasa ramadhan. Sehingga kurma ini termasuk bahan makanan yang harus anda sediakan. Dengan kandungan glukosa sekitar 75-87%, kurma dapat membantu tubuh anda menjadi berenergi. Selain kurma anda juga dapat menyediakan buah lain seperti apel, blewah, jeruk dan lain-lain.

  1. Makanan instan atau makanan kaleng

Mengonsumsi makanan yang segar atau tidak instan memang lebih bagus. Tetapi tak salah jika anda membuat persedian beberapa makanan instan di kulkas anda. Sehingga ketika anda terlambat atau tergesa-gesa ketika menyiapkan sahur, makanan instan ini bisa anda gunakan untuk alternatif dalam menghemat waktu. Makanan instan yang dapat anda simpan seperti korned, tuna, sup kacang atau kaldu.

  1. Bumbu Dapur

Bumbu dapur juga menjadi bagian penting yang harus anda sediakan. Tidak mungkin bukan jika anda akan memasak tanpa bumbu. Pasti masakan akan hambar karena tidak menggunakan bumbu. Anda cukup menyediakan bumbu seperti kecap, minyak, sambal dan rempah-rempah lainnya agar masakan lebih gurih.

  1. Telor

Selain mudah dalam pengolahanya, telur ini merupakan protein yang sangat mudah anda dapatkan. Karena protein juga dibutuhkan oleh tubuh anda ketika berpuasa jadi telur ini bisa anda gunakan sebagai alternatif mudah dalam memenuhi kebutuhan protein tubuh pada saat berpuasa. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY