Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak terasa beberapa hari ini kita telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, bulan suci yang kedatangannya sangat dinantikan oleh umat islam diseluruh dunia. Anda pastinya telah mencicipi berbagai hidangan khas di bulan puasa ini. Tetapi berbeda orang, berbeda pula selera dan sajian makanan wajib saat puasa.

Biasanya, orang-orang memilih hidangan berbuka dengan membeli makanan atau jajanan khas yang di jual di bazar Ramadhan atau di kaki lima menjelang waktu berbuka. Sedangkan untuk waktu sahur lebih memilih makanan cepat saji yang praktis atau makanan yang mudah dibuat. Makan sahur membantu menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal selama berpuasa. Namun, tahukah anda makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi selama bulan puasa?

  1. Kurma

Pada waktu berbuka, anda sebaiknya mengonsumsi kurma sebanyak 3 buah. Kurma merupakan sumber gula, serat, kalium, karbohidrat dan magnesium. Kurma yang dikonsumsi pada waktu berbuka dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk metabolisme tubuh yang menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan. Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, nasi merah, kentang, pasta dan roti. Pada saat sahur sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi pada saat berpuasa agar tubuh tidak gampang lemas.

  1. Cairan atau minuman

Tubuh terdiri dari sekitar 60-70% air dan tubuh memerlukan air untuk membantu metabolisme sel, dan organ tubuh. Tubuh yang memiliki cairan yang cukup akan membuat sistem limfatik anda dalam kondisi prima sehingga limbah dan racun dikeluarkan dari tubuh.

Jika anda kekurangan cairan ketika berpuasa, hingga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan sulit untuk berkonsentrasi.

  1. Daging dan sumber protein lainnya

Yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah ikan laut maupun twar, ayam yang dibakar atau rebus danpa lemak, daging sapi atau kambing, udang dalam jumlah sedang, kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang tanah, telur 3 kali dalam seminggu. Sumber daging atau protein yang dihindari seperti ayam goreng, bebek goreng, jeroan atau produk hewani lain yang berlemak tinggi.

  1. Buah-buahan segar

Mengonsumsi buah pada saat berbuka maupun sahur sangat dianjurkan, karena buah mudah dicerna dan mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu vitamin  A yang terkandung dalam buah dapat berfungsi untuk membantu sistem penglihatan dan memfasilitasi sel darah merah dalam menyimpan dan membawa zat besi. Vitamin dan mineral lain dalam buah sangat bermanfaat untuk membantu berbagai sistem tubuh sehingga puasa anda lancar dan tubuh tetap sehat.

  1. Sayur dan kacang-kacangan

Sayur dan kacang-kacangan menjadi sumber makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut. Serat dapat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi makanan berbuka puasa.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Susu dan produk olahannya yang dianjurkan adalah susu skim atau susu rendah lemak, yogurt rendah lemak dan keju rendah lemak. Sedangkan yang dihindari atau dibatasi adalah susu murni, es krim dan whipped cream, full cream yogurt, keju lemak tinggi terutama keju kuning.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here