Daftar Makanan yang Wajib Dikonsumsi saat Tubuh Sakit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sakit merupakan suatu kondisi dimana setiap orang tidak menginginkannya. Mengapa tidak? Karena kondisi tersebut tentunya membuat tubuh sering merasa lemah, letih dan lesu sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Untuk mengatasi hal tersebut selain anda berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan kepada tenaga kesehatan, anda juga perlu mencoba beberapa jenis makanan yang wajib di konsumsi pada saat sakit agar tubuh terasa lebih baik diantaranya sebagai berikut :

  1. Pisang

Pada saat anda merasa sakit tubuh anda akan terasa lemas dan biasanya anda juga mengalami nafsu makan yang berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengkonsumsi buah pisang karena buah tersebut merupakan sumber energi yang besar bagi tubuh. Buah pisang memiliki kandungan potasium yang berfungsi untuk menstabilkan sistem pencernaan. Selain itu buah ini juga dapat menurunkan suhu tubuh dan dapat digantikan sebagai pengganti elektrolit yang hilang.

  1. Buah citrus

Sekelompok buah citrus mengandung flavonoid yang dikenal untuk sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan pada saat sakit. Selain itu kandungan vitamin C dalam ini berfungsi untuk meredakan flu. Sekelompok buah tersebut diantaranya, jeruk, lemon, jeruk bali dan lain sebagainya.

  1. Teh panas

Mengkonsumsi teh panas atau hangat merupakan suatu hal yang dianjurkan pada saat anda sedang dalam kondisi sakit. Satu gelas teh hangat yang anda minum di sore hari dapat meminimalisirkan resiko terjadinya flu sebesar 70%. Hasil sebuah penelitian di Jepang menyatakan bahwa apabila seseorang terbiasa mengkonsumsi teh maka orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Teh memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imunitas. Selain itu teh juga mmiliki kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan memiliki kandungan vitamin B kompleks  yang berguna menjada sistem metabolisme.

  1. Sup kaldu ayam

Jika kondisi anda sedang dalam keadaan tidak sehat seperti flu, sebaiknya anda mengkonsumsi sup ayam . Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan cysteien berfungsi untuk mengencerkan lendir di paru-paru dan kaldu panas dalam sup dapat membant menjaga hidung agar tidak mampet, melawan radang tenggorokan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Bahan sayuran dan lain yang terdapat dalam sup dapat membantu mengusir rasa dingin karena bahan tersebut dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

  1. Kreker dan roti panggang

Saat anda mengalami sakit maag, mual, diare atau gangguan pencernaan lainnya. Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang sehatan. Jenis makanan berupa roti panggang dan kraker dengan sedikit garam atau tanpa garam akan mudah di cerna oleh tubuh sehingga dapat mengurangi rasa mual dan sistem pencernaan lebih stabil.

  1. Bubur ayam

Saat kamu sedang mengalami sakit demam bubur ayam dapat dijadikan salah satu aternatif jenis makanan yang di anggap dapat mengatasi hal tersebut. Mengkonsumsi semangkuk bubur ayam telah dibuktikan oleh beberapa ahli menjadi suatu makanan yang pas pada saat seseorang mengalami demam.

  1. Semangka

Rasanya yang manis dan warnanya yang cerah membuat buah semangka terkadang di anggap sebagai salah satu buah yang menyegarkan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu warna merah pada semangka memberikan sebuah tanda bahwa buah tersebut memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, dan serat. Sehingga buah tersebut salah satu buah yang baik jika di konsumsi pada saat anda sedang dalam keadaan sakit. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here