Daftar Obat-obatan yang Mampu Meredakan Gejala Sakit Menstruasi (PMS)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi adalah siklus alami yang setiap bulan di alami satu kali oleh seorang wanita. Menstruasi terjadi karena adanya sel telur yang tidak dibuahi sehingga tubuh merespon dengan menyerap sel telur tersebut dan dinding rahim menjadi menebal yang kemudian sel telur luruh serta mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah.

Meski menstruasi merupakan siklus alami, seringkali wanita merasa tidak nyaman karena saat menstruasi atau sebelumnya akan disertai adanya PMS (Pre Menstrual Syndrome). PMS merupakan kumpulan dari beberapa gejala berua gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi yang dialami wanita.

Kondisi Pre Mesnstrual Syndrome ditandai dengan mood yang mudah berubah, perut kram, payudara membengkak, sampai tubuh lemas. Hal itu lah yang membuat wanita merasa kesakitan saat mengalami PMS.

Saat mengalami pre menstrual syndrome belum ada cara atau pengobatan khusus untuk menanganinya sehingga akan cukup lama atau sulit untuk disembuhkan saat PMS datang. Namun, anda jangan khawatir, ada beberapa obat yang dapat digunakan meski hanya didasarkan pada gejala yang anda rasakan. Berikut daftar obat-obatan untuk meredakan gejala sakit menstruasi (PMS):

  1. Obat nyeri

Jika PMS membuat anda merasa kram perut, sakit kepala, serta nyeri otot dan sendi. Maka anda akan diberi resep oleh dokter berupa obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri tersebut meliputi paracetamol dan obat antiradang seperti ibuprofen dan aspirin. Obat pereda nyeri tersebut harus dihindari jika anda memiliki penyakit asma dan bagi anda yang berusia di bawah 16 tahun.

  1. Pil KB

Bagi wanita yang sudah menikah, saat PMS datang anda bisa mengonsumsi obat pil KB. Pil KB dapat membantu menghilangkan rasa nyeri karena PMS karena akan bekerja dengan menipiskan lapisan rahim dan juga mengurangi jumlah senyawa prostagladin yang dilepaskan tubuh.

  1. SSRI

Jika gejala sakit PMS yang anda alami sudah parah, anda bisa mengonsumsi obat SSRI. Obat SSRI (Selective serotonin reuptake inhibitor) adalah neurotransmitor yang terkait dengan perasan sehat dan bahagia sehingga membuat produksi serotonin rendah. Obat SSRI seperti citalopram, fluoxetine dan sertraline.

  1. GnRH

GnRH (Analog gonadotrophin-releasing hormone) adalah hormon sintetis yang menciptakan “monopause sementara” dan menghentikan menstruasi dengan menghalangi produksi estrogen dan progesteron. Hormon ini diberikan melalui suntikan. Analog GnRH hanya boleh diberikan pada wanita dengan PMS berat saat semua pengobatan lain gagal. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here