Dampak Buruk dari Smartphone Bagi Anak Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada zaman sekarang yang modern anak-anak sering sekali menggunakan smarphone, bahkan di mainkan dengan jangka waktu yang lama sehingga anak menjadi malas untuk berorganisasi dengan lingkungan sekitar. Zaman modern ini memang baik untuk perubahan teknologi yang canggih tetapi banyak sekali efek negatif yang dihasilkannya yaitu terhadap anak-anak dan teknologi yang dimaksud adalah smartphone. Tetapi orang tua pada zaman sekarang meskipun sudah tahu dampak buruk dari smartphone tetap saja membelikan anaknya smartphone itu.

Pada era globalisasi yang terjadi pada saat ini tidak dapat kita pungkiri jika penyakit kanker sudah tidak asing bagi orang-orang yang awam pula. Dari seseorang yang berada  sampai seseorang dengan keluarga yang tidak berada. Karena pada dasarnya kanker ini berawal dari pola hidup kita yang tidak baik.

Tidak sedikit penderita kanker di indonesia ini dan pastinya selalu berakhir pada suatu kematian. Lalu bagaimana kanker yang dapat diderita oleh anak-anak yang masih sangat kecil untuk ia rasakan. Penyait kanker ini dapat diderita oleh siapa saja tidak memandang umur ataupun status propesinya. Kanker yang menimpa para remaja atau anak-anak ini selah satunya adalah kanker otak. Kanker otak yang merupakan salah satu jenis kanker yang masuk kedalam kelompok jenis kanker paling mematikan didunia. Lantas bagaimana dampak semarphone terhadap anak pada jaman sekarang? Berikut beberapa dari dampaknya:

  1. Anak akan Susah tidur

Dampak buruk smartphone yaitu akan menimbulkan anak susah tidur karena hampir semua layar gadget mengeluarkan yang namanya blue  light yang menyerupai cahaya pada siang hari. Cahaya tersebut dapat mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak.

  1. Anak akan Kurang bergerak

Sudah menjadi kebiasaan anak untuk terus bergerak. Bermain dengan teman sebayanya . namun anak-anak zaman sekarang mereka teralu nyaman dengan gedgetnya dan mereka cenderung senang sekali bermain gadget duduk tanpa gerak sedikitpun fokus pada layar kaca gadget yang ia pegang. Dan akan memiliki dampak buruk bagi anak yang akan memperburuk pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Anak akan mengalami gangguan pada mata

Jika anak anda terlalu sering bermain gadget dan terus menerus akan menyebabkan mata menjadi buram. Kering bahkan mejadi sering sakit kepala.

  1. Anak akan mengalami nyeri atau sakit

Terlalu lama bermain gadget akan menyebabkan sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti pada bahu, leher, punggung, tangan, dan bahkan jarinya. Sebagai orang tua yang baik ajarkan anak istirahat yang cukup.

  1. Konsentrasi anak menjadi lemah

Akibat anak terlalu lama menggunakan gadget maka akan membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu lama.

  1. Kemampuan anak dalam bersosialisasi berkurang

Penggunaan gadget akan membuat anda tidak dapat bersosialisasi dengan teman atau lingkungan sekitar.

  1. Memiliki rasa cemas yang berlebihan

Apa bila anak sudah besar anda perlu mewaspadai akibat media sosial yang berada dalam gedgetnya tersebut karena dalam media sosial mempunyai pengetahuan yang luas dan mempunyai efek negatif dan efek positifnya.

  1. Gangguan mental pada anak

Rasanya memang tidak mungkin anak-anak yang masih sangat muda mengalami gangguan mental, tetapi berdasarkan study menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan akan berpotensi pada tingkap depresi anak.

  1. Terkena radiasi yang berbahaya

Telfon seluler atau teknologi lainnya dapat mengeluarkan radiasi yang bisa berbahaya untuk kesehatan anak anda. Dan akan berdampak buruk bagi otak anak.

  1. Tindakan berkelanjutan pada anak

Anak-anak adalah masa depan kita. Tapi tidak ada masa depan anak anak dengan menggunakan teknologi yang canggih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here