Dampak Buruk Penggunaan Bulu Mata Palsu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak wanita yang bermimpi memiliki bulu mata panjang dan lentik agar terlihat cantik. Lentik atau tidaknya bulu mata sebenarnya tergantung kepada faktor genetik. Karena alasan itulah tidak jarang para wanita menggunakan bulu mata palsu untuk mempercantik tampilan mata mereka. Tapi untuk Anda yang sering menggunakan bulu mata palsu, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai. Walaupun kelihatannya bulu mata palsu tidak berbahaya, ternyata sebagian wanita mengalami iritasi terhadap perekat yang ada pada bulu mata palsu.

Bulu mata palsu memang dapat mempercantik wajah Anda, namun mereka juga memiliki resiko yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda, seperti contohnya adalah lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Beberapa dokter telah memperingatkan bahwa bulu mata palsu bisa menimbulkan kesehatan yang serius, mulai dari infeksi mata sampai alergi. Bahkan bulu mata palsu dapat merusak bulu mata alami Anda, sehingga membuat bulu mata asli Anda menjadi lebih tipis.

Dibawah ini akan penulis paparkan mengenai apa saja dampak buruk dari penggunaan bulu mata palsu.

  1. Membuat Bulu Mata Asli Hilang atau Menipis

Hal ini bisa terjadi karena Anda kurang benar dalam menempatkan bulu mata palsu yang Anda gunakan. Maka ketika melepaskannya, yang terjadi adalah bulu mata asli Anda akan ikut tercabut. Bulu mata palsu juga bisa menekan folikel bulu mata asli, dan jika terjadi secara terus-menerus bulu mata asli dapat rontok dan tidak tumbuh kembali. Menggosok-gosok bulu mata palsu juga dapat menyebabkan bulu mata asli rontok secara tidak sengaja. Jika hal ini sering terjadi, maka dikhawatirkan bulu mata Anda akan habis. Kenyataannya jika bulu mata sering tercabut, maka bulu ini akan cenderung semakin sulit untuk tubuh kembali dan hal ini akan membuat mata tidak lagi memiliki penyaring alami yang berfungsi melindungi mata.

  1. Mata Terasa Berat

Untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakan bulu mata palsu sebelumnya atau yang tidak tahu cara menggunakan bulu mata palsu dengan benar, maka hal ini akan membuat mata menjadi terasa berat sepanjang hari. Meskipun ringan, bulu mata palsu memang bisa membuat kelopak mata menjadi terasa lebih berat dan mudah terasa pegal. Cukup banyak orang yang bahkan mengaku bila mereka merasa mengantuk seharian akibat dari penggunaan bulu mata palsu dalam waktu yang lama.

  1. Iritasi Pada Mata

Sebagian orang yang menggunakan bulu mata palsu mengaku bila kelopak matanya mengalami iritasi. Iritasi ini sering kali muncul pada mereka yang memiliki kulit mata yang sensitif pada lem bulu mata palsu. Tidak hanya itu, kita sering kali tidak benar-benar membersihkan kulit kelopak mata setelah melepas bulu mata palsu sehingga akhirnya memicu iritasi. Bakteri dan kotoran bisa terjebak pada bulu mata palsu dan menyebabkan infeksi pada mata yang disebabkan oleh virus, bakteri hingga jamur. Dan yang lebih parahnya lagi adalah pemakaian bulu mata palsu yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kebutaan jika Anda tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan mata Anda.

Dengan adanya fakta di atas, sudah seharusnya Anda waspada dalam menggunakan bulu mata palsu. Ada baiknya juga agar Anda tidak menggunakannya terlalu sering untuk menjaga kesehatan mata Anda. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here