Dampak Buruk Penggunaan High Heels yang Terlalu Sering

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi sebagian wanita menggunakan high heels salah satu atribut yang menunjang seorang wanita terlihat seksi dan feminim. Terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan dan di wajibkan menggunakan high heels.

Penggunaan high heels yang terlalu sering dianggap kurang baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Berikut ini beberapa dampak bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan high heels yang terlalu sering, antara lain:

  1. Osteoporosis

Penggunaan high heels terlalu sering dapat beresiko terjadinya osteoporosis. Penyakit ini ditandai adanya rasa nyeri dan kaku pada sendi lutut dan tulang panggul. Kondisi yang parah biasanya rasa nyeri dapat terjadi di bagian paha dan tulang belakang. Pada umumnya dampak buruk ini dapat terjadi pada wanita yang sering menggunakan high heels dengan ukuran >5 cm.

  1. Terjadinya pembengkokan di jari kaki dan kuku

Menurut dokter Widyastuti Srie Utami, Sp.OT menyatakan bahwa penggunaan high heels dalam waktu yang lama dan terlalu sering menyebabkan terjadinya perubahan pada kaki dan syaraf kejepit. Penggunaan high heels mengakibatkan tumit kaki menungkik dan mendorong ujung-ujung kaki menyentuh ujung sepatu. Hal tersebut mengakibatkan jari-jari kaki terdesak dan membengkok.

  1. Pertumbuhan tulang jari kaki yang tidak sempurna

Pembengkokan pada tulang jari yang disebabkan oleh penggunaan high heels akan berujung pada pertumbuhan tulang ruas jari kaki tidak sempurna, terutama di bagian ibu jari.

  1. Bunions

Bunions merupakan suatu kondisi dimana terjadinya pembesaran yang mengakibatkan di sekitar pangkal ibu jari kaki menonjol ke arah jari-jari kaki lainnya. pada umumnya kondisi ini menimbulkan rasa sakit.

  1. Corns

Penggunaan high heels terlalu sering dapat mengakibatkan kulit disekitar kaki menjadi tebal akibat gesekan yang terjadi antara kaki dan sepatu. Kondisi ini dalam istilah medis disebut dengan Corns.

  1. Metatarsalgia

Metatarsalgia yaitu suatu kondisi yang terjadi dibagian anterior tulang telapak kaki berupa rasa nyeri dan kram yang sangat parah. Kondisi ini dapat terjadi apabila anda terlalu sering menggunakan high heels.

  1. Morton’s Neuroma

Penggunaan high heels yang terlalu sering dapat memicu terjadinya morton’s neuroma. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya cedera pada kaki terasa tajam, panas, kesemutan dan mati rasa.

  1. Otot tubuh mengecil

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan sepatu high heels yang terlalu sering dapat memperpendek otot kaki anda. Hal tersebut dikarenakan penggunaan high heels yang mendorong anda berjalan secara jinjit.

  1. Varises

Bahaya penggunaan high heel menyebabkan penegangan pda otot tumit dan betis yang mengakibatkan terjadinya penekanan pada pembuluh darah. Kondisi ini disebut dengan varises.

  1. Resiko keseleo

Penggunaan sepatu tinggi terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan kaki terasa cape. Resiko terjadinya keseleo lebih besar, hal tersebut dikarenakan kaki harus berdiri jinjit dan menopang tubuh. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here