Dampak Buruk Terlalu Sering Pakai Earphone

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mendengarkan musik lewat earphone memang mengasyikan ya! Namun, kenyamanan yang bisa kita nikmati melaui earphone bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, terutama telinga.

Earphone merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan oleh masyarakat. Handphone, laptop dan gadget lainnya sering disambungkan dengan earphone untuk mendengarkan berbagai bentuk layanan audio. Sayangnya, earphone memiliki efek buruk bagi kesehatan bila digunakan dalam waktu lama dan dengan volume tinggi. Dampak buruk tersebut tidak seketika langsung muncul, namun baru dirasakan di kemudian hari.

Apa saja dampak buruk earphone bagi kesehatan? Inilah rinciannya:

  • Tidak memiliki saluran udara. Ketika Anda mendengarkan layanan audio melalui earphone, maka tidak ada saluran udara di telinga Anda karena sebagian besar tertutup oleh earphone. Dalam kebanyakan kasus, orang yang menggunakan earphone memiliki lebih banyak kotoran yang menghasilkan tinnitus (telinga berdengung) dan infeksi telinga. Belum lagi bila Anda berbagi earphone dengan orang lain. Perpindahan bakteri bisa terjadi dari telinga seseorang ke telinga orang lain yang berbagi earphone yang sama.
  • Gangguan pendengaran. Saat mengenakan earphone, audio langsung masuk ke telinga Anda. Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan earphone agar tidak melebihi batas 100 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara). Di atas angka itu, risiko kerusakan pada telinga pun meningkat. Perlu diingat, suara yang ada di luar earphone, misalnya suara mesin mobil, diesel, atau pemotong rumput, juga bisa berpengaruh pada pendengaran manusia.
  • Rusaknya lapisan sel saraf. Volume tinggi dari earphone akan mengakibatkan rusaknya lapisan sel saraf. Bahkan, dalam kasus yang berat akan menyebabkan tuli. Meskipun bukan tuli permanen, tetapi jika Anda mendengarkan dengan volume keras dan berulang kali tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada telinga. Bila ini terjadi, bukan mustahil Anda kehilangan pendengaran pada usia muda, baik menyeluruh atau sebagian.
  • Isolasi. Keasyikan mendengarkan musik atau lainnya melalui earphone bisa membuat Anda terasa ‘terisolasi’. Anda tak lagi aware terhadap sekeliling. Selain bisa meningkatkan risiko hilangnya pendengaran terhadap situasi sekitar, jiwa Anda pun bisa terancam. Sudah banyak kan kasus kecelakaan akibat korban terlalu asyik menggunakan earphone?

Selain daftar di atas, gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh earphone dikhawatirkan memiliki pengaruh terhadap fungsi otak manusia. Sejumlah penelitian medis baru membuktikan gelombang elektromagnetik berpengaruh negatif terhadap otak tikus. Tapi, bersikap waspada merupakan bentuk pencegahan yang efektif.

Jadi, gunakan earphone sesuai dengan kebutuhan Anda. Mendengarkan berbagai bentuk layanan audio yang baik adalah dengan volume maksimal 60 persen. Hindari pula memakai earphone terlalu sering. Penggunaan earphone secara bijak setidaknya tidak memicu gangguan pendengaran secara permanen. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY