Dampak Buruk yang Ditimbulkan dari Steam Vagina (Ratus V)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ratus V (steam vagina) menjadi salah satu alternatif bagi wanita dalam perawatan organ intim. Ditawarkan di tempat-tempat khusus kecantikan, metode ini semakin lama semakin diminati banyak kalangan. Tapi tahukah pembaca jika ratus atau steam vagina ini dapat menimbulkan beberapa dampak negatif?

Ratus V (steam vagina) sebenarnya merupakan spa khusus bagi vagina. Metode di salon kecantikan ini memanfaatkan bahan-bahan tradisional, dengan tujuan memberikan perawatan pada vagina. Secara sederhana, langkah dari perawatan ini adalah dengan menguapi miss V.

Beberapa ahli kecantikan menyebutkan jika cara ini menjadi salah satu cara untuk membunuh bakteri jahat, sekaligus mampu menyeimbangkan hormon yang dimiliki wanita. Hanya saja metode tersebut juga bisa menimbulkan beberapa dampak negatif. Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa dampak negatif dari perawatan ini adalah:

Muncul kemungkinan membakar area sensitif

Uap dari ratus rupanya dapat masuk ke area organ intim kewanitaan, yang posisinya di sebelah rektum dan kandung kemih. Dampak buruknya bisa saja uap ratus tersebut, justru merusak lapisan di antara rektum dan kandung kemih. Itu artinya ratus justru dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Muncul kemungkinan matinya bakteri baik

Cukup beralasan jika bakteri jahat di sekitar vagina harus dimusnahkan, karena membuat ketidaknyamanan organ reproduksi. Hanya saja dengan dilakukan penguapan tidak hanya mematikan bakteri jahat, tapi juga dapat mematikan bakteri baik yang sebenarnya berfungsi untuk menjaga vagina dari infeksi.

Uap ratus sebenarnya sulit untuk bisa masuk sampai ke dalam rahim. Meskipun uap ratus mampu masuk ke dalam rahim, namun ada bakteri-bakteri baik yang hiudp di lapisan rahim. Bakteri-bakteri tersebut sebenarnya tidak perlu dibersihka, karena keberadaannya memberikan manfaat.

Benarkah dapat menyeimbangkan hormon?

Terkait dengan pendapat bahwa menguapi vagina dapat menyeimbangkan hormon kewanitaan, beberapa kalangan justru membantahnya. Pasalnya uap ratus sulit untuk masuk hingga ke dalam rahim. Alhasil pendapat yang menyebut uap ratus sebagai penyeimbang hormon, kurang tepat. Hal tersebut dikarenakan produksi hormon berada di dalam ovarium, sedangkan uap ratus sulit atau bahkan tidak akan bisa masuk hingga ovarium.

Di atas telah diuraikan beberapa efek samping dengan melakukan perawatan alat kewanitaan menggunakan steam vagina (ratus V). Meski terdapat beberapa dampak negatif yang mungkin saja muncul, bukan berarti wanita tidak boleh menggunakan cara perawatan ini. Pasalnya ratus V juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi organ intim kewanitaan.

Beberapa ahli kecantikan menyarankan jika wanita boleh melakukan perawatan ini, namun jangan terlalu sering. Hal tersebut sebagai cara untuk meminimalisir dampak buruk yang mungkin saja timbul dari penggunaan metode penguapan ini. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY