Dampak dan Bahaya dari Kebiasaan Memencet Jerawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masalah kulit paling umum yang dialami oleh remaja adalah jerawat. Jerawat bisa terjadi karena debu dan keringat. Jerawat juga bisa timbul akibat hormon yang tidak seimbang dan make up yang menyumbat pori-pori.

Timbulnya jerawat seringkali membuat remaja merasa kurang percaya diri apalagi jika harus bertemu dengan orang banyak. Karena merasa terganggu dengan munculnya jerawat tersebut, mereka atau juga Anda sering memencet jerawat dengan harapan jerawat tersebut cepat menghilang dari wajah Anda. Padahal tahukah Anda bahwa memencet jerawat dengan tangan bukannya akan mengatasi masalah jerawat tersebut justru makin memperparah timbulnya jerawat.

Penyebabnya adalah karena tangan merupakan sarang kuman. Berbagai aktifitas sehari- hari dilakukan dengan tangan mulai dari makan, membuka pintu, membawa barang dan lain sebagainya. Padahal belum tentu benda- benda yang tersentuh tangan tersebut bersih dan bebas kuman.

Berikut ini adalah beberapa dampak dari kebiasaan memencet jerawat:

  • Pendarahan. Kebiasaan memencet jerawat dapat menyebabkan terjadinya pendarahan. Lebih parahnya, ketika terjadi pendarahan, bakteri dari luar menempel yang menyebabkan radang pada kulit.
  • Infeksi. Apakah Anda sering menemukan kulit di sekitar jerawat menjadi kemerahan? Mungkin kulit Anda sedang terkena infeksi. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam pori- pori kulit yang terjadi ketika Anda memencet jerawat.
  • Iritasi. Memencet jerawat dengan tangan bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit dan seringkali menimbulkan bekas jerawat yang bahkan lebih lama dari bekas jerawat yang tidak dipencet dan kempes dengan sendirinya.
  • Menimbulkan jerawat baru. Saat Anda memencet jerawat dan berharap bahwa jerawat di wajah Anda bisa hilang tak berbekas, Anda salah. Memencet jerawat dengan tangan malah justru membuat timbulnya jerawat baru. Bahkan bisa jadi timbul jenis jerawat yang berbahaya seperti pustule, papula dan kista.
  • Menyalurkan penyakit yang berbahaya. Disarankan untuk tidak memencet jerawat karena dengan memencet jerawat bisa merupakan suatu penyebab timbulnya penyakit dermatitis dan herpes simplex. Bagaimana bisa? Hal itu bisa terjadi jika sebelum memencet jerawat, Anda telah menyentuh alat kelamin yang terjangkit herpes.

Setelah mengetahui dampak dan bahayanya, sebaiknya Anda tidak menyentuh dan memencet jerawat dengan tangan. Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat Anda secara aman dan alami, di antaranya adalah memanfaatkan jeruk nipis yang telah diperas airnya. Kemudian perasan air jeruk nipis tersebut dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat dan diamkan selama setengah jam. Lakukan dengan rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan memotong tomat lalu mengusapkannya pada wajah yang berjerawat.

Demikian tadi adalah dampak dan bahaya kebiasaan memencet jerawat dan solusi mengatasi jerawat secara aman dan alami. Semoga bermanfaat untuk Anda.(AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here