Dampak Gizi Buruk Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi buruk adalah keadaan dimana tubuh seseorang mengalami kekurangan asupan makanan yang dibutuhkan tubuh seperti energi dan protein. Kurangnya asupan makanan pada tubuh karena gizi buruk dapat dilihat dari variabel-variabel pertumuhan meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan dan panjang tungkai.

Di zaman yang modoern ini, di saat negara sudah memiliki segala perkembangan di hampir semua aspek, ternyata gizi buruk menurut World Health Organization masih saja menjadi permasalah yang cukup besar pada semua negara di dunia termasuk Indonesia. Hal itu terjadi karena masih ada keluarga yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik sehingga angka gizi buruk semakin bertambah, padahal dampak dari gizi buruk ini cukup berbahaya.

Untuk mengetahui dampak dari gizi buruk, berikut beberapa dampak dari gizi buruk akan dijelaskan:

  1. Tubuh menjadi pendek

Untuk melakukan pertumbuhan khususnya menambah berat badan, tubuh anda memerlukan asupan protein yang cukup. Tapi karena asupan protein anda tidak cukup maka tubuh menjadi pendek atau berhenti mengalami penambahan berat badan. Hal itu terjadi karena tubuh tidak bisa membangun sel-sel dan karbohidrat sebagai sumber energi utama karena kurangnya asupan protein sebagai penggerak kedua fungsi tersebut dalam tubuh anda.

  1. Gangguan psikologis

Gangguan psikologis biasanya akan dialami oleh anak yang mengalami gizi buruk. Gangguan psikologis tersebut seperti yang dijelaskan dalam Children’s Defense Fund yaitu rasa cemas yang berlebihan maupun ketidakmampuan belajar dimana memerlukan konseling untuk mengatasi gangguan psikologis tersebut.

  1. Penyakit infeksi

Asupan nutrisi yang tidak lengkap pada seseorang yang terkena gizi buruk akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang mudah terserang penyakit karena kurangnya asupan nutrisi berupa vitamin C, zat besi dan zink. Salah satu penyakit yang menyerang orang gizi buruk yaitu penyakit infeksi.

  1. Tingkat IQ anak menjadi rendah

Selain gangguan psikologis, pada anak yang mengalami gizi buruk juga akan mengalami dampak memiliki tingkat IQ yang rendah. Hal ini didukung dari data World Bank yang juga mencatat hubungan antara gizi buruk dan tingkat IQ yang rendah. Anak-anak ini juga mungkin mengalami kesulitan mencari teman karena masalah perilaku mereka.

  1. Dampak lain

Dampak lainnya yang bisa dialami karena tubuh mengalami gizi buruk antara lain penyakit jantung dan masalah peredaran darah sebagai akibat dari obesitas, sakit kepala normal atau migraine, rabun senja akibat dari kekurangan vitamin A, gusi berdarah, gigi longgar dan kelelahan umum akibat kekurangan vitamin C (tubuh tidak menyimpan vitamin C dan kebutuhan vitamin C sehari-hari bervariasi dari orang ke orang), anemia dari besi cukup, kurangnya fungsi motorik pada kaki, kaki sakit, mati rasa, lesi di sumsum tulang belakang, dan penyakit neurologis, semua mungkin akibat kekurangan vitamin B, gangguan pencernaan, termasuk diare, mual, kram, IBS, nyeri dan tumpukan, mungkin akibat dari diet yang tidak memadai, ruam, gatal-gatal, alergi, sensitivitas dan masalah kulit lainnya mungkin akibat kekurangan vitamin, serta kerontokan rambut, rambut kering atau rambut kusam. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here