Dampak Jika Wanita Kekurangan Hormon Progesteron dan Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Progesteron merupakan kelompok hormon steroid yang berperan penting selama siklus menstruasi dan di akhir menstruasi. Tidak hanya itu, progesteron juga memiliki peran saat seorang wanita sedang mengalami masa kehamilan.

Selama menjalankan fungsi dan perannya, hormon progesteron bisa saja mengalami ketidakstabilan atau penurunan sehingga tubuh seorang wanita menjadi kekurangan kadar progesteron. Kurangnya kadar progesteron tentu tidak baik untuk kesehatan wanita. Akan terjadi beberapa dampak kesehatan pada wanita yang kekurangan hormon progesteron yaitu:

  1. Menyebabkan kekeringan pada miss V

Keringnya miss v ini biasanya di alami oleh wanita usia pertengahan atau wanita yang sudah mulai menuju masa menopausenya sehingga miss v menjadi kering karena progesteron berkurang. Keringnya miss v akan membuat anda merasa sakit saat berhubungan intim.

  1. Berat badan bertambah pada bagian perut

Berat badanpun akan bertambah saat progesteron menurun. Namun, pertambahan berat badan tersebut lebih berpusat pada bagian perut anda.

  1. Penurunan daya ingat

Ketiga, dampak dari kekurangan hormon progesteron pada wanita yaitu menyebabkan kemampuan dalam mengingat karena daya ingat mengalami penurunan.

  1. Kelelahan

Fisik wanita yang kekurangan hormon progesteron akan mudah merasa kelelahan. Kelelahan karena penurunan progesteron biasanya tidak jelas.

  1. Insomnia

Manifestasi atau dampak lainnya dari kekurangan hormon progesteron adalah insomnia. Tapi anda perlu memastikan lagi apakah insomnia yang anda rasakan memang disebabkan kurangnya progesteron atau penyebab lainnya.

  1. Depresi

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang dapat terganggu saat progesteron berkurang. Kesehatan jiwa juga bisa terganggu yaitu wanita akan mengalami depresi. Depresi yang dirasakan bisa ringan hingga berat.

  1. Siklus menstruasi tidak teratur

Fungsinya sebagai pengatur siklus menstruasi maka jika mengalami penurunan, progesteron akan berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Mungkin, jika orang lain mengalami siklus 28 hari, anda hanya 20 hari dan lain sebagainya.

  1. Kista ovarium

Adanya hormon progesteron yang menurun dan siklus mentruasi tidak teratur dapat berkelanjutan menjadi berdampak terbentuknya kista pada ovarium.

  1. Premenstrual Syndrome

Premenstrual syndrome ini akan memunculkan perubahan mood seperti cemas, senang dan tiba-tiba marah serta lain sebagainya.

  1. Keguguran

Progesteron yang kurang membuat fungsinya dalam menjaga kekukuhan endometrium saat ibu hamil maka dapat juga menyebabkan keguguran.

  1. Infertilitas (Kemandulan)

Dampak yang cukup di takuti pada kesehatan wanita jika kekurangan progesteron yaitu wanita sudah tidak mampu berovulasi dan tidak memiliki keseburan.

Lalu bagaimana cara mengatasi dan mengobati hormon progesteron yang berkurang?. Berikut tips pengobatan dan cara mengatasi kekurangan hormon progesteron:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Konsumsi vitamin E
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6
  • Mengonsumsi susu murni hewani
  • Konsumsi makanan yang mengandung seng (Zn)
  • Mengonsumsi kunyit
  • Makan makanan tinggi vitamin C
  • Mengonsumsi kuning telur
  • Mengonsumsi ubi liar
  • Makan daging ayam. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here