Dampak Kekurangan Protein

SehatFresh.com РProtein merupakan salah satu unzur gizi yang paling dibutuhkan untuk tubuh. Protein juga berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup, dan virus. Protein juga bekerja sebagai neurotransmiter dan pembawa oksigen dalam darah (hemoglobin). Apabila tubuh  kekurangan asupan protein, maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut merupakan dampak yang disebabkan akibat kekurangan protein

  • Kelelahan

Kekurangan protein dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Hal ini disebabkan energi yang rendah. Protein membantu menstabilkan kadar gula darah. Kekurangan protein akan mengurangi ketajaman mental Anda sehingga menghambat kemampuan reaksi. Jadi jika Anda sering merasa lelah, kekurangan energi, bisa jadi tubuh Anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup.

  • Rambut menipis

Sementara genetika dapat menjadi faktor kunci dalam penipisan rambut, kurangnya protein juga bisa menjadi penyebab. Ketika kita tidak mendapatkan protein yang cukup, tubuh masuk ke “modus hemat energi” dan menghentikan pengiriman protein berharga untuk menyuburkan rambut dan kuku. Itulah mengapa rambut dan kesehatan kuku dapat memberikan sinyal kepada Anda, indikator penting dari apakah atau tidak jika tubuh kekurangan protein.

  • Mata bengkak

Kekurangan protein dapat mengurangi jumlah darah, yang akan menurunkan jumlah protein plasma yang disebut kondisi edema. Mengurangi protein plasma dapat menyebabkan hati tidak memiliki jumlah yang cukup zat besi. Jika kekurangan zat besi maka menurunkan produksi hemoglobin, sehingga anemia dan pembengkakan mata dapat terjadi.

  • Mengurangi ukuran otot

Kekurangan protein dapat menyebabkan ukuran otot berkurang. Apabila Anda kekurangan protein maka bentuk tubuh kurang menarik, karena memiliki otot yang kecil. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup protein dari asupan makanan sehari-hari, maka otot-otot akan mengorbankan jaringan mereka sendiri.

  • Edema
    Kurang asupan protein dapat mengakibatkan penumpukan cairan, sehingga beberapa bagian tubuh, seperti tangan, kaki, dan perut membengkak. Juga dapat mengakibatkan rasa nyeri pada kaki dan tangan, tekanan darah tinggi, dan kaku persendian.
  • Gagal organ

Protein diperlukan untuk mereproduksi dan memperbaiki sel tubuh. Kekurangan asupan protein dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kerusakan fungsi organ tubuh.

Maka penuhilah asupan protein dalam tubuh dengan mengkonsumsi telur, biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Sumber gambar : xylem70.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY