Dampak Kelebihan Vitamin D pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin D selain mempunyai peran besar dalam kesehatan tulang dan gigi. Berbagai penelitian juga menguatkan bukti-bukti bahwa vitamin D juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan otot, sampai pada gangguan tulang. Vitamin D ini juga melindungi pembuluh darah dan jantung. Meskipun banyaknya manfaat vitamin D tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular.

Kadar kebutuhan vitamin D setiap orang berbeda-beda, untuk anak-anak dan dewasa per hari adalah 200 IU, untuk usia 51-70 tahun sebesar 400 IU dan untuk usia yang telah mencapai lebih dari 70 tahun sebear 600 IU. Semakin bertambahnya usia maka membutuhkan asupan vitamin D yang lebih tinggi. Itulah standar asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh, mengkonsumsi vitamin D secara berlebihan tidak akan bermanfaat bagi tubuh dampak yang akan terjadi malah akan membawa keburukan bagi tubuh Anda.

Jika kadarnya normal, vitamin D dalam darah akan memberikan manfaat yaitu menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular hingga setengahnya. Kadar yang lebih dari 21 nanogram, efek melindungi ini justru akan berkurang, bahkan menjadi berbahaya.

Sumber utama vitamin D dapat didapatkandari bahan nabati, hewani, dan juga sinar matahari. Beberapa makanan yang dapat mengandung vitamin D adalah bayam, kacang kedelai, jamur shitake, minyak hati ikan, susu, kuning telur, daging, dan sinar matahari.

Penyakit secara spesifik dari kelebihan vitamin ini tidak ada, hanya saja kerusakan organ tubuh mungkin dilami oleh seeorang karena vitamin D membawa kalsium yang cukup banyak. Dampak yang dapat terjadi jika kelebihan vitamin D adalah:

  • Ginjal. Batu ginjal dan kalsifikasi jaringan lunak dapat disebabkan karena kelebihan vitamin D di dalam tubuh. Penimbunan kalsium dalam tubuh dapat mempengaruhi ginjal. Efek buruk kelebihan vitamin D juga dapat menyebabkan batu ginjal yang selanjutnya mengakibatkan kegagalan ginjal.
  • Jantung. Tingginya tingkat kalsium di dalam darah dapat menjadi penyebab kelainan pada irama jantung dan murmur jantung. Sedangkan kelebihan vitamin D dapat membuat usus menyerap terlalu banyak kalsium. Hal ini akan menjadi penyebab tingginya kadar kalsium dalam darah. Naiknya kadar kalsium dalam darah dapat menyebabkan deposit kalsium pada jantung dan paru-paru. Deposit kalsium dapat memblokir seluruh sistem kardiovaskular dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Deposit kalsium pada paru-paru dapat mengurangi kemampuan paru-paru untuk dapat berfungsi dengan baik.
  • Berisiko meningkatkan kematian. Perlu diperhatikan, menurut perhitungan medis bahwa vitamin D yang tidak dikonsumsi kurang dari takaran 10 nanomol bisa berdampak kematian 2 kali lebih besar. Sedangkan jika berlebih hingga 140 nanomol takaran vitamin D yang dikonsumsi akan berdampak kematian 1,5 kali lebih besar. Takaran nanomol vitamin D ini ada dalam darah bukan konsumsi harian. Untuk itu standarnya hanya 50 nanomol vitamin D dalam darah secara harian.

Itulah dampak dari kelebihan vitamin D, orang yang mempunyai kondisi tubuh yang sehat tidak perlu untuk mengkonsumsi vitamin D dengan jumlah yang besar karena dapat mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY