Dampak Memakai Bra Saat Tidur

Memakai bra saat tidur di malam hari merupakan masalah umum yang saat ini pun masih diperdebatkan. Beberapa wanita merasa lebih nyaman memakai bra saat tidur, sementara wanita lainnya memilih melepas bra dengan alasan kesehatan. Padahal, belum ada uji klinis yang menyatakan bahwa memakai bra saat tidur berbahaya bagi kesehatan.

Pemakaian bra saat tidur seringkali dikaitkan dengan perubahan ukuran payudara. Namun menurut para ahli, memakai bra saat tidur juga tidak akan membuat dada lebih kencang. Perubahan bentuk payudara umumnya disebabkan oleh waktu, gravitasi, kehamilan, menyusui, dan penuaan. Namun khusus untuk wanita yang memiliki payudara besar, disarankan untuk memakai bra di malam hari untuk menopang payudara saat tidur.

Lantas, apakah memakai bra saat tidur menyebabkan kanker payudara? Masalah ini masih menjadi topik perdebatan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa memakai bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara, namun ada juga yang menentangnya. Menggunakan bra ketat dan berkawat memang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Berikut beberapa efek kesehatan mengapa Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan bra ketat saat tidur:

  • Menghambat sirkulasi

Memakai bra saat tidur dapat menghambat sirkulasi darah terutama jika bra yang dikenakan adalah bra yang ketat dan berkawat. Sirkulasi udara pada kulit payudara juga bisa terhambat sehingga kulit menjadi susah bernapas. Penguapan gas akan terkumpul pada kain bra sehingga menimbulkan reaksi balik pada kulit. Jika Anda memilih tidur mengenakan bra, lebih baik mengenakan sport bra.

  • Berkeringat
    Mengenakan bra yang ketat saat tidur, terutama di musim panas, dapat membuat Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya. Jika Anda mengenakan bra dengan bahan yang tidak menyerap keringat saat tidur, maka keringat dan uap air akan tetap berada di dalam bra. Hal tersebut bisa menyebabkan gatal-gatal bahkan menyebabkan luka..
  • Edema

Penggunaan bra ketat terus menerus dapat menyebabkan penyumbatan limfatik sehingga menimbulkan edema atau akumulasi cairan di payudara.

  • Iritasi kulit

Bra ketat akan menyebabkan iritasi kulit, maka dari itu lebih baik menggunakan bra tanpa kawat. Sport bra dianggap sebagai pilihan yang baik untuk dipakai pada malam hari karena dapat memberi dukungan yang diperlukan untuk payudara tanpa menimbulkan efek kesehatan.

Apabila Anda lebih nyaman memakai bra pada saat tidur, pilihlah bra yang tidak terlalu ketat dan jangan pakai yang berkawat. Bra yang memiliki tali kawat memang terasa sedikit menyakitkan di payudara, apalagi jika dikenakan saat tidur. Anda mungkin akan menemukan daerah sekitar payudara menjadi memerah karena tertekan tali kawat bra yang ketat. Hal inilah yang menjadi masalah. Oleh karena itu, lebih baik Anda melepas bra atau memakai bra dengan bahan lembut dan nyaman. Jika Anda tipe orang yang memiliki payudara besar, maka lebih baik Anda memakai bra saat tidur. Hal itu dikarenakan ukuran payudara besar kadang menyebabkan rasa sakit sehingga butuh penopang saat tidur.

*pic buletinsehat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here