Dampak Mengonsumsi Obat dengan Minum Teh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa diantara kalian yang tidak suka dengan minuman teh? Tidak hanya aromanya yang wangi tetapi minuman teh juga bisa diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. Tanaman teh ditemukan di negri tiongkok tepatnya di provinsi Yunnan bagian barat daya Cina.  Negri trofis dan sub-trofis merupakan daerah yang cocok untuk tumbuh tanaman teh ini. Hal yang paling tidak disukai oeh semua orang yaitu apabila seseorang tersebut jatuh sakit. Bolehkan mengkonsumsi obat dengan menggunakan teh?

Menurut pernyataan Hidayag 2010 alasan seseorang minum obat menggunakan teh yaitu untuk mengurangi rasa pahit. Sebenarnya alesan tidak di anjurkannya mengkonsumsi obat dengan teh karena teh dapat mengganggu penyerapan zat besi dari obat. Efek teh terhadap penyerapan zat besi sangat dikhawatirkan pada orang yang mengidap anemia. Kandungan kafein dan tannin yang ada dalam teh sekitar 60 – 70 mg per 100 ml teh hijau.

Bagaimana efek yang akan didapatkan apabila seseorang mengkonsumsi obat menggunakan teh?

  1. Hilangnya khasiat obat

Kandungan asam tannic dalam teh mampu mengurangi bahkan menghilangkan zat berkhasiat dan zat kimia obat yang vital untuk proses penyembuhan tubuh dari penyakit. Tujuan mengkonsumsi obat yaitu untuk menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit yang ada tetapi dengan mengkonsumsi obat menggunakan teh kasiat tersebut akan hilang.

  1. Mencegah penyerapan zat penting

Apabila mengkonsumsi obat menggunakan teh secara otomatis akan mempengaruhi absorsi terhadap zat kimia yang ada di dalam obat tersebut. Pada umumnya obat tidak hanya mengandung zat kimia, tetapi mengandung zat besi merupakan suplemen yang berfungsi untuk proses pemulihan tubuh pasca sakit.

  1. Mengubah obat menjadi racun

Kandungan kafein yang ada didalam teh dapat mengubah obat berubah menjadi racun dalam tubuh, tentunya hal ini akan beresiko yang memicu timbulnya penyakit mematikan seperti perdarahan otak atau meningkatkan terjadinya darah tinggi.

  1. Merusak hati dan ginjal

Fungsi hati dan ginjal pada saat meminum obat akan membuat kedua organ tersebut bekerja lebih keras karena proses absorsi yang mengubah zat kimia dalam obat menjadi zat penting untuk memerangi penyakit yan sedang di derita.

  1. Membuat kafein mengendap

Tanaman teh sama halnya dengan kopi, karena teh mengandung kafein. Apabila mengkonsumsi obat menggunakan teh maka kemungkinan akan terjadi pengendapan kafein di dalam tubuh, karena beberapa obat yang mengandung zat kimia yang membuat kafein mengendap dalam jangka panjang dan tidak terolah dalam tubuh.

Menurut Arif 2009 menyatakan teh memang memiliki fungsi kesehatan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai radikal bebas sehingga dapat menghambat penuaan. Namun setelah dilakukan penelitian apabila mengkonsumsi obat menggunakan teh akan menimbulkan efek yang tidak baik. Sebenarnya tidak hanya teh minuman yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat akan tetapi minuman seperti kopi, susu, dan minuman lainnya tidak dianjurkan juga. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi obat akan lebih baik jka di konsumsi apabila diminum dengan menggunakan air putih. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here