Dampak Negatif Gadget pada Pola Tidur Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecanggihan teknologi di era globalisasi ini memang patut kita apresiasi dengan baik, selain mempermudah pekerjaan baik sekolah maupun perusahaan, teknologi masa kini juga mempermudah aktivitas sehari-hari. Siapa yang tidak mengenal gadget di masa ini? Gadget secara mendadak menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar penduduk di dunia ini. Berbagai tingkatan usia, mulai dari kanak-kanak hingga lanjut usia pun gemar menggunakan gadget. Tak terkecuali bagi para remaja, kebutuhan akan mencari jati dirinya, kini dibantu dengan teknologi masa kini yang dapat digunakan untuk membagi dan mengakses segala informasi yang dinamakan dengan gadget.

Sepintas memang diketahui bahwa gadget memiliki beragam manfaat bagi manusia, mulai dari komputer yang dapat membantu mempermudah anak sekolahan untuk mengerjakan tugas dan tidak kalah penting adalah si canggih smartphone yang dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui sosial media.

Proses berkembangnya penggunaan gadget di kalangan remaja baru di rasakan beberapa tahun belakangan ini, bahkan gadget mampu menembus ke tingkat desa, banyak para remaja di tingkat sekolah menengah yang menggunakannya. Jika dibandingkan dengan 10 tahun ke belakang, mungkin teknologi seperti handphone dan komputer hanya dapat dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah keatas dan tentu saja di kota. Karena banyak perusahaan yang bersaing di Indonesia, kita dapat dengan mudah membeli perangkat-perangkat tersebut, sekali pun itu di pedesaan.

Kemudahan dalam mendapatkan gadget ternyata secara perlahan mengubah pola dan gaya hidup para remaja di Indonesia. Kini, sebagian besar waktu yang dimiliki para remaja dihabiskan untuk bermain gadget setelah kegiatan sekolah. Beberapa sekolah mungkin mempunyai peraturan seperti tidak memperbolehkan para siswanya mengaktifkan handphone selama jam sekolah, hal ini dapat membuat mereka seakan ingin menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk bermain menggunakan gadgetnya, entah itu untuk sekedar melihat-lihat sosial media, bercakap-cakap dengan teman atau saudara, mengerjakan tugas dibantu internet dan melakukan transaksi online.

Secara tidak sadar, gadget dapat mengalihkan dunia para remaja. Karena terlalu berlama-lama bermain dengan gadgetnya, waktu yang seharusnya dipakai untuk istirahat menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan para remaja cenderung memakai gadget sebelum tidur. Pola tidur para remaja yang seharusnya mencukupi sekitar 8 jam, mungkin akan berkurang karena perubahan kebiasaan tersebut.

Perubahan jam biologis pada remaja dapat dialami karen sistem saraf sudah mulai terganggu akibat paparan cahaya dari layar monitor (komputer) dan handphone. Bagi para remaja yang terbiasa memakai lebih dari satu gadget mungkin memiliki lebih sedikit waktu untuk tidur.

Percaya atau tidak, bukan hanya para remaja, semua kalangan seperti kecanduan akan informasi yang didapatkan melalui gadget dan mulai merasa tertinggal informasi (kudet: kurang up date) jika satu hari saja tidak memegang gadget. Ada baiknya kita membatasi penggunaan gadget, serta untuk para remaja masih diperlukan adanya pengawasan dan pengarahan dalam penggunaan gadget yang bijak. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here