Dampak Negatif Remaja Kecanduan Seks Bebas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika kehidupan di jaman modern ini, memiliki dampak bagi pergaulan remaja. Pergaulan remaja masa kini bisa dikatakan jauh dari batas normal, dengan munculnya seks bebas. Tentu saja seks bebas di kalangan remaja rentan menimbulkan banyak dampak negatif, salah satunya hamil di luar nikah.

Definisi seksual pranikah

Seks bebas dalam istilah lain bisa juga disebut prilaku seksual pranikah. Menurut Prawirohardjo (2005) seksual pranikah adalah tingkah laku yang didorong hasrat seksual, dilakukan oleh pria dan wanita di luar pernikahan yang sah. Mu’tadin (2002) menambahkan jika prilaku seksual pranikah adalah perbuatan seksual yang dilakukan tanpa proses pernikahan resmi, menurut agama ataupun negara.

Pendapat lain diutarakan Luthfie (dalam Amrillah dkk, 2001) yang mengungkapkan bahwa prilaku seksual pranikah merupakan perbuatan seks yang dilakukan tanpa melalui proses pernikahan resmi menurut hukum ataupun agama serta kepercayaan masing individu. Dapat disimpulkan dalam prilaku seksual pranikah, perbuatan seks dilakukan tanpa ikatan perkawinan yang sah atau bisa juga disebut seks bebas.

Faktor penyebab seks bebas di kalangan remaja

Telah banyak penyimpangan dilakukan remaja dalam pergaulan sehari-hari. Salah satu dari penyimpangan tersebut adalah perilaku seks bebas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa faktor penyebab yang mendorong remaja untuk melakukan seks bebas.

  1. Keimanan yang rapuh.
  2. Lemahnya perhatian orang tua.
  3. Fasilitas yang tidak terkontrol.
  4. Bujuk rayu pacar.
  5. Mencari pelampiasan diri.
  6. Kurangnya pendidikan seks.
  7. Rasa ingin tahu yang berbau seksual.
  8. Tontonan pornografi.
  9. Pergaulan bebas remaja.
  10. Masa remaja terjadi kematangan biologis.
  11. Rendahnya pengetahuan bahaya seks bebas.
  12. Faktor lingkungan.
  13. Salah pergaulan.
  14. Kegagalan remaja dalam menyerap norma di masyarakat.

Akibat perilaku seks bebas

Seks bebas selain haram hukum secara agama, juga memiliki akibat negatif bagi pelaku. Mulai dari dampak psikologis hingga materi bisa dialami oleh remaja yang melakukan seks bebas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini akibat yang muncul dari seks bebas pada remaja.

  1. Bisa kehilangan kehormatan. Akibat seks bebas bisa menyebabkan hilangnya kehormatan, sehingga meninggalkan aib yang berkepanjangan bagi pelaku dan kepada seluruh keluarganya.
  2. Prestasi bisa mengalami menurun. Remaja yang sudah melakukan seks bebas, bisa saja fikirannya selalu tertuju pada hal tersebut. Rasa ingin mengulanginya lagi, menyebabkan fokus dalam proses belajar di sekolah akan menurun.
  3. Bisa hamil di luar nikah. Akibat seks bebas tentu saja bisa menyebabkan hamil di luar nikah. Khususnya bagi remaja yang masih menimba ilmu, bisa saja akan dikeluarkan dari sekolah.
  4. Aborsi dan bunuh diri. Hamil di luar nikah akibat seks bebas, bisa menutup jalan pikiran. Alhasil guna menutupi aib tersebut, pelaku bisa mengambil jalan pintas yang berujung pada aborsi bahkan bunuh diri.
  5. Tercorengnya nama baik keluarga. Orang tua akan merasa sakit apabila mengetahui anaknya hamil diluar nikah. Nama baik keluarga akan hancur akibat hal tersebut.
  6. Mengalami tekanan batin. Tekanan bisa muncul karena penyesalan yang mendalam. Akibatnya pelaku akan sering murung sampai berfikir tidak rasional.
  7. Bisa terjangkit penyakit. Seks bebas bisa menyebabkan terjangkit penyakit HIV/AIDS atau penyakit kelamin lainnya yang mematikan.
  8. Ketagihan untuk melakukan seks bebas. Seks bebas tentu saja dapat membuat seseorang ketagihan. Hal tersebut menjadi sangat berbahaya, karena keinginan yang tak terkontrol dan mengambil jalan pintas seperti melakukan perkosaan.
  9. Bisa mengalami gangguan kejiwaan. Seks bebas bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan. Hal itu karena kurangnya persiapan psikologis untuk hamil dan takut kepada hukuman Tuhan. (Apras).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY