Dampak Negatif Remaja yang Sering Perawatan Wajah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wajah adalah bagian terpenting bagi setiap orang, khususnya para wanita yang masih memasuki masa remaja. Tidak berlebihan jika akhirnya para remaja akan melakukan berbagai cara untuk mempunyai wajah cantik dan menarik. Tapi tahukah Pembaca jika keseringan merawat wajah bisa menimbulkan dampak negatif?

Dampak negatif remaja yang sering perawatan wajah

Kini masyarakat dengan mudahnya bisa menemukan berbagai produk perawatan kecantikan wajah. Perawatan wajah oleh remaja sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan, dengan catatan tidak dilakukan sampai berlebihan.

Misalnya saja perawatan untuk remaja yang terlah memasuki usia 17 tahun dan mengalami lonjakan hormon. Pada tahapan tersebut, perawatan wajah boleh dilakukan dengan tujuan mencegah atau mengatasi peradangan di akibat jerawat.

Namun jangan terlalu sering melakukan perawatan wajah bagi remaja yang tidak memiliki keluhan pada kulitnya. Pasalnya pada remaja yang masih berusia usia belasan tahun, proses regenerasi kulit masih terjadi secara alami.

Itu artinya perawatan yang sering dilakukan dapat berdampak negatif dengan membuat kulit lebih cepat tipis. Oleh karena itu perawatan wajah seperti chemical peeling lebih diutamakan untuk seseorang yang berusia di atas 25 tahun, karena mulai mengalami degenerasi kulit akibat paparan radikal bebas.

Remaja jangan hanya sekedar ikut-ikutan

Tidak dipungkiri jika kini muncul fenomena merebaknya remaja yang melakukan perawatan wajah. Selain hanya ikut-ikutan tren, bisa juga perawatan wajah memang dilakukan untuk mengatasi wajah yang kotor akibat jerawat.

Sudah selayaknya jika remaja lebih memperhatikan tujuan perawatan dengan mengutamakan kesehatan, bukan soal tren. Untuk membersihkan wajah yang kotor, remaja bisa melakukannya sendiri di rumah dengan memanfaatkan berbagai produk.

Khususnya bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau masker buah, yang ternyata juga efektif dalam menjaga wajah agar selalu segar. Selain itu bahan-bahan alami tersebut tidak memiliki efek samping, yang biasanya lebih besar muncul pada produk-produk kimia.

Kemudian untuk mengatasi jerawat, sesekali remaja boleh memanfaatkan jasa di salon kecantikan. Namun dengan syarat, langkah ini juga jangan sering dilakukan. Selain itu juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, guna mendapatkan langkah perawatan yang aman.

Perawatan biasa seperti masker, penggunaan krim jerawat atau pijatan lembut di salon kecantikan masih diperbolehkan untuk remaja. Selama penggunaan obatnya yang terbukti aman, kemudian terapis yang bekerja juga profesional.

Tips sederhana perawatan wajah untuk remaja

Perawatan atau kebersihan wajah memang harus dilakukan oleh remaja. Tujuannya untuk mencegah penyakit kulit seperti komedo, jerawat, wajah kusam dan lain-lain. Lantas bagaimana tips sederhana perawatan wajah bagi remaja?

  1. Mencuci wajah dengan air hangat, setelah beraktivitas di luar rumah.
  2. Menggunakan facial foam, jika memang diperlukan.
  3. Menggunakan suncreen atau pelindung wajah, agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung.
  4. Menggunakan masker wajah dalam beraktivitas di luar rumah.
  5. Membersihkan wajah dengan air hangat sebelum tidur. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here