Dampak Negatifnya Bila Bersepatu Heels saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut pendapat dr Nasrudin AM, SpOG mengatakan bahwa pemakaian heels pada masa kehamilan sebenarnya tidak berpengaruh kepada kesehatan janin akan tetapi akan berpengaruh terhadap kesehatan rahim tempat pertumbuhan dan perkembangan janin sebelum lahir. Pemakaian heels akan menimbulkan perubahan anatomi dan fisiologi otot dan rangsang saraf tungkai bawah dan kemudian akan berpengaruh kepada kesehatan rahim. Keluhan umum yang dirasakan oleh wanita hamil menggunakan heels yaitu kontraksi rahim dan merasakan nyeri tulang belakang yang berulang.

Berikut ini beberapa dampak lain yang disebabkan karena pemakaian heels pada wanita hamil :

  1. Kaki bengkak

Pada saat anda memakai sepatu heels maka beban tubuh akan menumpuk pada satu titik saja yaitu menumpuk di bagian depan kaki, sehingga hal tersebut akan beresiko terjadinya bengkak di kaki dan memakai heels pada saat hamil sangat tidak baik bagi kesehatan karen kaki harus menopang tubuh ibu hamil yang semakin membesar.

  1. Nyeri punggung

Pada saat hamil anda menopang berat badan sendiri dan berat janin sehingga beban anda semakin besar untuk menopang. Apabila anda saat hamil menggunakan heels akan mengakibatkan nyeri pada bagian punggung karena pada saat berdiri kaki dalam posisi tidak rata sehingga beban akan terpusat pada bagian depan kaki. Kelebihan beban pada kaki memicu rasa nyeri pada bagian sumsum tulang belakang dan bagian punggung.

  1. Memicu varises

Memakai heels pada saat masa kehamilan akan memicu otot pada betis dan paha menjadi tegang, sehingga kondisi tersebut dikhawatirkan bersifat permanen dan mempercepat munculnya varises pada kaki mu.

  1. Meregangnya jaringan ikat sendi

Seorang wanita hamil biasanya logament atau jaringan pengikat sendi mengalami pelunakan sehingga apabila anda memakai heels saat hamil akan beresiko terjadinya robekan ligament dan jaringan pengikat sendi menjadi renggang.

  1. Mudah keseleo

Wanita pada saat hamil apabila menggunakan heels akan mengalami hilangnya keseimbangan karena penambahan berat badan yang ditopang oleh badan. Hal ini akan beresiko dua kali besar terjadinya keseleo dan jatuh. Apabila wanita hamil mengalami jatuh akan berbahaya bagi kesehatan janin dan memicu terjadinya keguguran.

  1. Perubahan posisi janin

Menggunakan heels pada saat masa kehamilan akan memiliki dampak pada janin yaitu berubahnya posisi janin. Sehingga hal tersebut dikhawatirkan pada proses persalinan mengalami kesulitan.

  1. Morton’s neuroma

Morton’s neuroma yaitu suatu kondisi dimana pertengahan telapak kaki dan jari kaki mengalami cedera yang disebabkan karena pemakaian heels yang kesempitan. Kondisi ini bila terjadi dalam waktu lama biasanya akan terasa tajam, panas, kesemutan dan mati rasa.

  1. Bunions

Pemakaian heels pada saat hamil akan beresiko terjadinya bunios yang disebabkan oleh peradangan, pembengkakan dan rasa nyeri di sekitar sisi jempol. Bunios merupakan benjolan yang terdapat di bagian dalam kaki sekitar jempol.

  1. Trauma pada kehamilan

Pemakaian heels akan beresiko mengalami keseleo dan jatuh dua kali lebih besar pada saat kehamilan. Selain memicu terjadinya keguguran apabila wanita hamil terjatuh juga akan beresiko mengalami trauma hamil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here