Dampak Positif Berciuman Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berciuman merupakan ekspresi kasih sayang yang kini sudah bukan hal aneh lagi. Pada kenyataanya, memang ciuman bibir dapat mempererat hubungan dan membuat masing-masing pasangan lebih terhubung baik itu secara fisik maupun emosional. Tak hanya sebatas itu saja, berciuman juga ternyata membawa manfaat baik bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Meredakan stres. Sama seperti pelukan, ciuman bibir juga merupakan aktivitas yang dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Selain itu, terjadi juga pelepasan oksitosin yang bermanfaat dalam mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh hormon kortisol. Oleh karenanya, ciuman juga bisa dibilang bermanfaat untuk meredakan stres.
  • Menjaga kesehatan jantung. Stres adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Oleh karenanya, ciuman secara tidak langsung dapat menstabilkan sistem kardiovaskular.
  • Mengurangi risiko gigi berlubang. Sikat gigi secara teratur merupakan hal utama dalam pencegahan gigi berlubang. Tapi, siapa sangka ternyata ciuman juga dapat membantu mengurangi kemungkinan gigi berlubang. Ketika berciuman, akan terjadi peningkatan produksi air liur sehingga membantu membersihkan mulut dari partikel kecil sisa makanan atau minuman yang dapat memicu gigi berlubang.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Ciuman bibir yang berlangsung lebih dari 10 menit dapat memindahkan 80 juta bakteri yang diyakini bermanfaat baik bagi kesehatan. Dengan kata lain, pertukaran ludah saat berciuman membuat mulut diperkenalkan dengan bakteri baru dan sistem kekebalan tubuh akan mengembangkan antibodi untuk bakteri tersebut sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat. Hasilnya, Anda pun tidak gampang sakit.
  • Menjaga kekencangan otot wajah. Ciuman bibir yang bergairah melibatkan banyak otot wajah. Menurut penelitian, ciuman membuat 30 otot wajah bergerak dan ini baik untuk menjaga kekencangan area wajah. Sedikit banyaknya ciuman memberi manfaat seperti senam mulut, di mana area pipi dan leher menjadi lebih terjaga keelastisannya sehingga membuat wajah terlihat awet muda.

Meski banyak manfaatnya, ciuman bibir bisa menjadi aktivitas yang memicu penyakit bila dilakukan secara tidak sehat. Ciuman memang dapat membangun kekebalan tubuh, tapi ada pula sejumlah penyakit yang dapat menular dari air liur, seperti flu, hepatitis B, herpes, dan cacar air. Untuk mencegahnya, Anda dan pasangan harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur dan diimbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY