Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada jaman sekarang teknologi merupakan menjadi landasan yang utama yang biasa dimainkan oleh orang dewasa bahkan bukan orang dewasa saja remaja sampai anak-anakpun sangat menikmati sebuah tehnologi yang sudah ada pada jaman sekarang ini. Tehnologi dapat bermanfaat untuk menghubungi orang-orang yang ada disekitar kita maupun yang jauh dari posisi tempat kita tinggal. Salah satunya macam-macam tehnologi yaitu handphone, komputer, leptop, tablet dll. Selain untuk bersosialisasi teknologi pun dapat dipergunakan untuk mengerjakan berbagai macam tugas atau pekerjaan dari mulai oarang kantoran maupun remaja dan dewasa yang mencari materi melalu tehnologi yatu internet.

Teknologi mempunyai dampak positif dan negatif untuk para remaja pada saat ini. Dalam pengenalan teknologi yang baru yang moderen terjadi suatu dampak yang negatif dan positifnya contoh medianya yaitu televisi dan handphone.

  1. Televisi

Merupakan salah satu sarana hiburan keluarga, tanpaknya memang memberikan hal yang positif dan negatif bagi kehidupan, namun para remaja juga harus mengetahui dan mewaspadai adanya pengaruh buruk pada televisi, terutama tontonan bagi anak kecil dan remaja.

  • Dampak negatif dari televisi yaitu membuat anak atau remaja lupa waktu, bila sedang menonton acara televisi umumnya mereka merasa malas untuk belajar atau melakukan kegiatan lainnya sehinggal hal ini dapat merugikan para remaja.dalam televisi terdapat filem-filem yang tidak pantas ditonton oleh anak-anak seperti percintaan, kekerasan, pergaulan bebas dan bahasa yang mungkin tidak layak untuk di tayangkan di televisi.
  • Dampak positif dari televisi yaitu televisi umumnya sangat update dan memberikan penyajian berita terbaharu langusng dari lokasi kejadian. Hal ini justru membuat remaja tidak sampai ketinggalan informasi dan televisi memberikan wawasan yang cukup luas dan dari televisi tersebut terkadang memberikan pendidikan dan pembelajaran bagi seorang pelajarvatau sekolahan. Bagi seorang pelajar dapat mengambil manfaat dari suatu pendidikan yang berpengaruh positif bagi pengetahuan para remaja.
  1. Handphone

Handphone atau HP merupakan media sosial yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dan mudah untuk digunakan dan dapat di bawa kemana-mana . hp bukan hal yang asing untuk para remaja sebagian besar jaman sekarang orang tua pasti memberikan handphone untuk anaknya guna untuk kepentingan komunikasi antara mereka yang tinggal berjauhan. Saat ini hp menjadi salah satu bahan komunikasi yang banyak digemari kaum remaja namun hp juga harus di waspadai adanya dampak negatif dan positif pada handphone tersebut.

Dampak negatif handphone

  • Salah satunya dipergunakan untuk bermain game pada saat waktunya belajar mereka para remaja justru membuat handphonenya untuk memainkan suatu game dan mengalihkan perhatian guru dalam pembelajaran.
  • Dampat menggangu  perkembangan anak dari fitur yang tersedia di hp seperti kamera, games,gambar, dan fasilitas lainnya yang mudah di mainkan oleh para remaja.
  • Efek radiasi dapat memperburuk kesehatan jika digunakan secara berlebihan
  • Rawan terhadap tindak kejahatan
  • Sangat mempengaruhi sikap dan prilaku remaja tersebut

Dampak positif dari handphone

Dampak positif dari handphone dapat mempermudah komuniasi antara remaja dengan teman atau orangtua mereka, menambah pengetahuan tetang perkembangan teknologi, dan dapat digunakan utuk menggali informasi mengenai pembelajaran yang sulit di mengerti, menjadikan hiburan sesat untuk kejenuhan remaja.

Dalam media teknologi sebagian besar terdapat keuntungan karena kita berada dalam masa yang moderen dan pintar dalam segala informasi dan pengetahuan yang belum kita miliki tetapi di samping itu efek negatifpun ada yang membuat remaja menyalahgunakan media sosial tersebut untuk kepentingan yang negatif, untuk orang tua yang memiliki anak remaja harus sesekali memperhatikan isi ponselnya atau komputer yang digunakannya untuk diwaspadai efek negatif yang ada didalamnya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here