Dampak Positif Keterlibatan Ayah dalam Mengasuh Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Para pembaca setia, mengasuh anak identik dengan tugas seorang ibu bukan? Seorang ayah identik dengan kefokusannya dalam mencari nafkah. Tapi tahukah Anda jika keterlibatan ayah dalam mengasuh anak mendatangkan banyak dampak positif?

Seorang ayah selain mencari nafkah, ternyata kehadirannya juga memberikan peran positif bagi anak-anaknya. Dampak positif yang dihasilkan melalui keterlibatan pengasuhan buah hati ialah sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik. Ayah merupakan cerminan pribadi yang kuat, pemberani, dan pantang menyerah. Hal ini ternyata memberikan dampak yang baik bagi perkembangan mentalitas anak. Anak yang mendapat pengasuhan anak pada umumnya lebih percaya diri.
  • Memiliki tingkat intelektual yang lebih tinggi. Seorang anak yang mendapat pengasuhan langsung dari ayahnya kebanyakan mendapatkan kemampuan kognitif yang baik. Karena seorang ayah biasanya sangat mendukung prestasi anaknya.
  • Disiplin dalam berperilaku. Umumnya ayah mengajarkan ketegasan dan kedisiplinan, sehingga seorang anak yang mendapatkan pengasuhan dari ayahnya akan cenderung memiliki kedisiplinan dalam mengatur hidupnya.
  • Menjaga diri dari lawan jenis. Perlakuan ayah terhadap ibunya seringkali dilihat oleh anaknya. Jadi jika seorang ayah memiliki jiwa penyayang ternyata membuat anak juga paham bahwa hubungan terhadap lawan jenis tidak boleh untuk coba-coba atau main-main.
  • Kesejahteraan keluarga lebih terjaga. Kehadiran sosok ayah sangat berpengaruh terhadap kondisi finansial anaknya. Sehingga banyak anak yatim yang umumnya lebih bekerja keras demi mencukupi kebutuhan hidupnya.
  • Keamanan dan kecedasan emosional. Kehadiran seorang ayah menimbulkan kamanan emosional sehingga ketika ke luar lingkungan, anak dapat terus percaya diri. Anak juga memiliki kecerdasan emosional yang baik karena dapat menyelesaikan masalah karena mencotoh sikap-sikap dari ayahnya.

Ayah merupakan penanggungjawab utama dalam keluarga, sehingga sangat berpengaruh dalam kepercayaan diri anak. Meskipun intensitas pertemuan ayah dengan anaknya terbilang lebih sedikit, tapi perilaku ayah menjadi role model bagi anak-anaknya. Seorang ayah banyak mengajarkan apa arti tanggungjawab sehingga ketika anak keluar rumah cenderung akan lebih jaga diri dan menghindarkan diri dari kegiatan negatif seperti merokok, alkohol, dan seks bebas.

Seorang ayah memberikan rasa aman ketika berada dan di luar rumah. Banyak tetangga yang awalnya berniat jahat justru mundur teratur karena rumah tersebut dijaga ketat oleh ayahnya. Sebaliknya jika berada di luar rumah dan sang anak mengalami suatu kesulitan, seorang ayah tentu siap sedia menolong anak-anaknya.

Keberadaan seorang ayah sama pentingnya dengan seorang ibu, sehingga tak jarang banyak anak yang harus kesulitan jika memiliki keluarga yang tidak utuh. Orangtua ialah guru pertama bagi anaknya. Orangtua ialah rumah bagi anaknya, dimana tempat kembali. Sehingga kedamaian yang harus dimiliki orangtua menjadi kunci kesuksesan anaknya. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here