Dampak Positif yang Diperoleh dari Buka Bersama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan Ramadhan merupakan momen yang dinantikan oleh setiap orang yang beragama islam. Di bulan tersebut ada beberapa kegiatan yang hanya dilakukan dibulan ramadhan yaitu kegiatan ngabuburit. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan dimana seseorang melakukan aktivitas jalan-jalan di sore hari menunggu adzan magrib tiba.

Selain ngabuburit kegiatan yang khas diadakan dibulan ramadhan yaitu buka bersama atau sering dikenal sebagai istilah “bukber”. Bukber bisa dilakukan dengan siapapun seperti dengan keluarga atau dengan teman. Kegiatan ini seringkali menjadi momen yang sering digunakan untuk berkumpul dengan teman-teman yang mungkin jarang sekali bertemu.

Kegiatan buka bersama tidak hanya sekedar makan bersama dengan menu makanan yang telah tersedia. Akan tetapi kegiatan tersebut memiliki dampak positif atau manfaat yang secara tidak langsung dapat diperoleh oleh pelakunya. Pada umumnya tujuan diadakannya buka bersama teman yaitu untuk menjalin dan menjaga tali silaturahmi yang mungkin telah lama terputus dengan teman.

Menjaga tali silaturahmi dalam agama islam merupakan salah satu amalan dan perbuatan yang terpuji. Hal tersebut tercantum dalam salah satu Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya “Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orangtua dan kerabat).” (HR. Bukhari no 5983). Selain itu buka bersama teman memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi orang yang melakukannya. Berikut ini beberapa manfaat diadakannya buka bersama :

  1. Memperkuat tali silaturahmi

Seperti yang telah dijelaskan diatas tujuan diadakannya buka bersama teman sebagai bentuk kegiatan untuk menjalin dan menjaga silaturahmi. Sehingga kegiatan ini bermanfaat sebagai bentuk reuni untuk memperkuat tali silaturahmi, tali persaudaraan, dan tali persaudaraan diantara satu orang dengan yang lainnya.

  1. Sarana interaksi positif

Buka bersama dapat dijadikan sebagai sarana interaksi positif diantara anda dengan teman-teman anda. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah sehingga setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak perbuatan dan amalan-alaman baik dan bermanfaat dibulan ini salah satunya yaitu dengan mengadakan acara buka bersama dengan teman. Selain itu selama proses acara buka bersama pastinya anda saling berbagi informasi antara salah satu dengan yang lainnya.

  1. Mengenang indahnya masa lalu

Setelah sekian lama tidak berjumpa dengan diadakannya acara buka bersama anda dan teman-teman dapat mengenang masa-masa indah diwaktu yang lalu. hal ini akan mengingatkan pada proses perkembangan pribadi anda hingga seperti sekarang.

  1. Baik bagi kesehatan

Buka bersama bermanfaat bagi kesehatan anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University of North Carolina at Chapel Hill yang menyatakan bahwa memiliki banyak ikatan sosial yang kuat dapat membantu anda hidup lebih lama dan sehat, hal ini dikarenakan dapat menghilangkan stress dengan efektif.

  1. Berbagi rezeki

Acara reuni tentunya suatu kegiatan yang memerlukan makanan yang cukup banyak sehingga tanpa anda sadari kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana anda untuk berbagi rezeki dengan teman-teman.

  1. Membangun kerjasama

Kegiatan buka bersama merupakan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena kegiatan ini memerlukan persiapan waktu, lokasi, menu makanan dan persiapan lainnya. Sehingga hal tersebut dapat membantu kerjasama diantara satu dengan yang lainnya untuk mensukseskan rencana buka bersama tersebut. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here