Dampak Remaja Kekurangan Vitamin A

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dapat dipungkiri, tubuh kita pasti memperlukan bayak sekali jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, D dan lain –lain. Vitamin memang menjadi zat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Vitamin-vitamin tersebut banyak ditemukan pada buah-buahan. Seperti vitamin A yang bisa kita temukan di buah wortel, melon dll, ada juga yang terdapat dari hewani yaitu pada hati ayam dan sapi, ikan salmon, tuna dan makarel.

Vitamin A adalah salah satu zat gizi dan golongan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk kesehatan mata (agar dapat melihat dengan baik) dan untuk kesehatan tubuh (meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit, khususnya diare dan penyakit infeksi).

Apa saja kelebihan dari vitamin A? Sebagai salah satu jenis vitamin yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh, tentu saja vitamin A memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat dan kelebihan dari Vitamin A bagi kesehatan:

  1. Vitamin untuk daya tahan tubuhdan tulang
  2. Menghindari gangguan – gangguan pada organ mata
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Membantu pembentukan pigmen pada mata
  5. Dapat membantu mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin

Bagaimana bila tubuh kekurangan asupan vitamin A? Kita sudah mengetahui apa saja manfaat dan kelebihan vitamin A bagi tubuh kita. Tentu saja banyak, dan sangat berguna. Namun demikian, ternyata mungkin masih banyak diantara anda sekalian yang ternyata sangat sedikit mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin A. hal ini akan mengakibatkan tubuh mengalami deficit atau kekurangan Vitamin A. Kondisi Vitamin A yang tidak cukup ternyata memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah dampaknya :

  • Gangguan dan Kelainan pada mata. Bagian organ penglihatan ini pasti akan mengalami gangguan, dan fungsinya bisa menjadi tidak optimal. Gangguan fungsi mata yang bisa timbul karena kurangnya asupan vitamin A yaitu rabun jauh, rabun dekat, katarak dan menurunnya daya penglihatan. Itu adalah beberapa penyakit atau gangguan pada mata yang dapat terjadi ketika anda kekurangan asupan vitamin A.
  • Berkurangnya imunitas tubuh. Bagaimana hubungannya antara vitamin A dengan imunitas tubuh? Ternyata, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting dalam membentuk sel T, yang merupakan sel yang berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Imunitas tubuh merupakan hal yang sangat penting, dan apabila imunitas tubuh menurun, maka dipastikan tubuh akan mengalami berbagai macam infeksi dan penyakit.
  • Infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih ternyata terjadi tidak hanya karena sering menahan buang air kecil, namun juga dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin A di dalam tubuh kita. Vitamin A dapat membantu penyerapan air dan nutrisi pada bagian usus, sehingga ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin A, tubuh akan mengalami kekurangan cairan, yang dapat mempengaruhi kandung kemih.
  • Memperngaruhi kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menghambat dan menurunkan fungsi kelenjar – kelenjar kulit dalam memproduksi mucus, yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Kebutuhan vitamin A bagi pertumbuhan pada remaja ini cukup tinggi, apalagi diumur remaja masa pertumbuhan sedang di alaminya. Defisiensi vitamin A subklinis juga sering ditemukan diantara anak usia sekolah, remaja dan dewasa muda pada komunitas yang sama dan prevalensinya pada anak-anak kecil cukup tinggi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY