Dampak Tanaman Echinacea pada Wanita

logspot.com

SehatFresh.com – Echinacea atau Purple Coneflower adalah tanaman bunga berwarna ungu dan termasuk ke dalam famili Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Sejak dulu, Echinacea telah mulai dikenal oleh suku Indian Amerika Utara sebagai tanaman obat. Mereka menggunakannya untuk pengobatan tradisional jika terkena gigitan ular dan serangga beracun. Mereka juga mengonsumsi Echinacea untuk meredakan nyeri gigi, nyeri tenggorokan, menyembuhkan luka, dan mengatasi penyakit gondok dan cacar.

Namun di balik sifatnya yang dapat mengatasi penyakit, tanaman ini juga memiliki beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan:

  • Timbulnya reaksi alergi. Reaksi alergi seperti bengkak dan munculnya bercak-bercak kemerahan pada kulit merupakan salah satu efek samping dari Echinacea. Meski hal ini tidak selalu terjadi pada setiap orang, Anda tetap harus waspada jika tubuh Anda mulai menunjukkan reaksi alergi dari tanaman obat Echinacea
  • Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan seperti mual merupakan salah satu efek samping dari mengonsumsi tanaman obat ini. Konsultasikan dengan dokter apabila Anda menemukan gejala gangguan pencernaan setelah mengonsumsi Echinacea.
  • Bahaya bagi Ibu hamil dan menyusui. Pengaruh Echinacea yang langsung menyerang bagian sistem kekebalan tubuh bisa mengakibatkan masalah bila sampai dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil ataupun menyusui. Bila sedang mengurus buah hati Anda, cari obat lain yang diperbolehkan oleh dokter dan tidak berisiko untuk buah hati Anda.
  • Timbulnya gejala asma. Timbulnya gejala asma bagi Anda yang mengonsumsi Echinacea sangat bergantung pada seberapa parah penyakit asma yang Anda derita. Jika Anda merasakan timbul gejala asma ketika mengonsumsi Echinacea, hubungi dokter atau petugas medis lainnya sesegera mungkin.
  • Demam yang ditimbulkan dari efek samping Echinacea merupakan demam yang cukup tinggi. Jadi, segera hubungi dokter Anda apabila Anda merasakan demam yang cukup tinggi setelah mengonsumsi Echinacea.

Sebenarnya, obat herbal baik untuk digunakan dalam proses penyembuhan. Namun alangkah baiknya jika Anda mengetahui efek yang ditimbulkan dari tanaman tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY