Dampak yang Ditimbulkan Dari Makan Sahur yang Terburu-buru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebanyakan para remaja pada bulan ramadhan memiliki masalah untuk bangun sahur pada waktu yang tepat. Mungkin bagi yang masih tinggal dengan orang tua bisa meminta bantuan untuk dibangunkan agar tidak telat bangun sahur. Lalu bagaimana dengan yang tinggal sendirian?

Bagi remaja yang hidup sendiri karena alasan jarak jauh dari rumah ke sekolah, jika telat bangun sahur maka mereka akan cenderung terburu-buru ketika menyantap makanan sahur. Alasanya yang penting tetap sahur agar besok harinya mendapatkan energi untuk beraktivitas walaupun puasa.

Makan sahur yang terburu-buru akan menganggu proses penguyahan makanan di dalam mulut. Dimana ada dua proses makanan di dalam mulut yaitu, proses mekanik (proses penghancuran makanan dengan gigi) dan proses kimiawi ( pemberian enzim pada makanan melalui ludah. Sehingga makanan yang dikonsumsi tidak hancur dengan sempurna. Tentunya juga akan berdampak negatif pada tubuh anda.

Berikut dampak dari makan sahur yang terburu-buru pada tubuh:

  1. Masalah pada lambung

Makan yang terlalu cepat dapat menyebabkan masalah pada lambung anda karena udara juga akan ikut tertelan secara tidak sengaja. Akibatnya asam lambung akan naik ke kerongkongan. Masalah yang sering dialami yaitu kembung.

  1. Proses pencernaan bekerja lebih keras

Makanan yang dikunyah dan mengalami proses penghancuran yang sempurna akan memicu tugas sistem pencernaan terbebani atau lebih keras dibanding biasanya.

  1. Berat badan abnormal

Mengonsumsi makanan sahur secara terburu-buru akan mempengaruhi kerja otak untuk menyampaikan sinyal kenyang ketika perut sudah terisi penuh. Sehingga anda tidak terasa telah menghabiskan makanan begitu banyak dan berdampak pada berat badan anda.

  1. Stress meningkat

Ketika terburu-buru akan menimbulkan otak anda memikirkan berbagai hal masalah yang sedang dihadapi dan tanpa adanya pemecahan masalah. Sehingga otak akan terbebani dan berdampak pada tingkat stress anda yang meningkat.

  1. Tersedak

Proses penghancuran makanan yang kurang sempurna ketika sahur akan membuat partikel makanan yang dikunyah menjadi kasar dan ukurannya besar sehingga memungkinkan anda dapat tersedak atau sampai lidah tergigit. Jangan diremehkan, karena tersedak dengan partikel yang besar dapat menganggu jalan nafas anda, sedangkan lidak tergigit dapat menimbulkan risiko infeksi pada mulut.

Oleh karena itu, lebih baik anda bangun lebih awal atau tepat waktu ketika sahur. Sehingga makanan yang anda konsumsi akan terproses dengan baik dan mencegah terjadinya dampak negatif pada tubuh. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY