Definisi dan Manfaat Pemeriksaan Pap Smear

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagian wanita mungkin belum familiar dengan istilah pap smear? Apakah itu pap smear? Apa pap smear itu penting? Jawabannya adalah ya, pap smear sangat penting bagi wanita terutama yang rutin melakukan hubungan seks dan bagi yang sudah pernah melahirkan. Pap smear sangat penting untuk dilakukan secara rutin untuk mengetahui gangguan organ kewanitaan yang kita alami.

Pap smear dilakukan dengan mengambil contoh kemudian menganalisa sel rahim untuk mendeteksi lebih awal adanya kanker pada leher rahim. Dengan adanya pemeriksaan dini, dapat diberikan penanganan lebih lanjut kepada pasien sehingga kanker tidak berkembang menjadi lebih parah.

Kanker yang terdeteksi pada pemeriksaan ini disebut kanker serviks yang disebabkan oleh tumbuhnya sel abnormal (kanker) di sekitar mulut dan leher rahim. Bagi wanita dengan kanker serviks stadium dini, mungkin tidak akan merasakan adanya gejala apapun. Pada wanita dengan kanker serviks stadium lanjut, barulah kanker ini bisa dirasakan. Padahal semakin tinggi stadium kanker, tentu saja semakin berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti ginjal, kandung kemih dan lain sebagainya.

Mengingat hal tersebut, wanita yang sudah pernah melahirkan serta aktif dalam berhubungan seks disarankan untuk melakukan tes pap smear secara rutin.

Bagaimana cara pemeriksaan pap smear? Mengetahui cara pemeriksaan mungkin akan membuat sebagian wanita menjadi enggan dikarenakan mereka harus berbaring, membuka kedua lutut dan paha, setelah itu suatu alat medis akan dimasukkan ke dalam organ kewanitaan. Hal ini dilakukan untuk mengambil contoh sel rahim untuk dapat diteliti apakah ada gangguan dalam sel tersebut. Namun, walaupun enggan, wanita harus rutin melakukan pemeriksaan pap smear mengingat pentingnya manfaat dari pemeriksaan tersebut.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan kapan saja asal Anda tidak dalam kondisi sedang haid. Pap semar disarankan untuk dilakukan rutin setahun sekali untuk dapat mengetahui kondisi terbaru mengenai kesehatan Anda.

Sebelum dilakukan pap smear ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, yaitu:

  • Sebaiknya pap smear dilakukan 5 hari setelah had agar leher rahim bersih dari sisa darah haid.
  • Sebelum pap smear, hindari membersihkan vagina dengan apapun juga baik itu sabun pembersih atau krim
  • Hindari hubungan suami istri sebelum dilakukan pap smear
  • Buang air kecil atau kosongkan kandung kemih sebelum pemeriksaan.

Semoga hasil pemeriksaan pap smear Anda baik dan tidak menunjukkan kelainan apapun. Namun hasil pemeriksaan adalah abnormal, maka dokter akan melakukan penanganan khusus.

Anda dapat melalukan pemeriksaan pap smear di rumah sakit, klinik, puskesmas serta praktik dokter maupun bidan. Untuk dilakukan pemeriksaan ini, biayanya relatif murah sehingga tidak memberatkan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here