Definisi dan Pemahaman Tentang Keperawanan atau Virginitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Secara biologis keperawanan atau virginitas adalah suatu kondisi dimana seseorang belum pernah melakukan hubungan intim atau hubungan seksual.

Sedangkan dalam kamus oxford, virgin: (noun) perso, esp. A girl or woman, who has not had sexual intercourse, (adj) pure and untouched. Yang berarti virgin itu perawan, yaitu seorang gadis atau perawan yang belum pernah melakukan hubungan seksual, suci atau bersih dan belum pernah di sentuh ataupun dijamah oleh lawan jenisnya.

Pada wanita, keperawanan ditandai dengan masih utuhnya selaput dara atau selaput dara belum robek. Dan keperawanan akan hilang ditandai dengan keluarnya darah. Darah yang keluar ini bukanlah darah pada saat anda sedang mengalami menstruasi, darah ini bisa hanya bercak-bercak atau mengalir saja dari vagina. Darah tersebut keluar karena adanya penetrasi dari penis, dimana penis tersebut merobek selaput dara wanita.

Selain karena penetrasi dari penis, selaput dara dapat robek karena sebab lain yaitu karena kecelakaan baik jatuh ataupun gerakan olahraga yang memaksa dan menekan bagian sekitar vagina. Faktor lainnya yang menjadi penyebab robeknya selaput dara adalah faktor genetik, ada yang memiliki faktor genetik dengan selaput dara yang tebal dan tipis. Ada wanita yang memiliki selaput dara tebal sehingga beberapa kali berhubungan seksual selaput dara belum juga robek, dan ada yang sangat tipis sehingga mudah robek, bahkan ada juga yang tidak memiliki selaput dara dari sejak ia lahir di dunia.

Berbicara tentang virginitas banyak sekali perbedaan pandangan terhadap arti keperawanan. Di Indonesia, virginitas merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga sampai seorang remaja menikah nantinya. Jadi bagi remaja yang sudah melakukan hubungan seksual sebelum menikah maka disebut sudah tidak virgin lagi. Mereka gagal dalam menjaga keperawanannya.

Berbeda lagi dengan negara lain. Ada negara yang menganggap bahwa wanita yang sudah menikah tetapi belum memiliki anak maka masih disebut perawan. Keperawanannya dianggap hilang jika sudah melahirkan anak pertamanya melalui saluran vagina. Jadi negara tersebut, setiap wanita yang belum melahirkan, walaupun sering berhubungan seks masih dianggap perawan.

Sedangkan di barat, seorang wanita akan dianggap perawan sampai dia melakukan hubungan seksual, baik melalui oral ataupun anal dengan pria. Dan hal itu masih dipegang hingga sekarang. Jadi hampir sama dengan negara dibagian timur.

Banyak sekali perbedaan pendapat mengenai virginitas. Namun kita sebagai warga negara yang tinggal di bagian timur, dimana memiliki budaya yang baik, ada baiknya kita menjaga virginitas hingga menikah nanti. Karena virginitas seperti mutiara berharga yang harus dijaga oleh semua wanita. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here