Definisi dan Pemahaman Varises Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, tahukah Anda bahwa wanita juga riskan memiliki penyakit varises vagina? Sebenarnya apa definisi dan pemahaman tentang varises vagina?

Definisi Tentang Varises Vagina

Definisi dari varises vagina ialah menonjolnya pembuluh darah balik yang letaknya di bawah jaringan kulit. Terjadinya kondisi dimana bagian pada selaput lendir (mukosa) mengalami pelebaran atau bentuknya berkelok, atau bahkan melingkar karena adanya kelamin katup di dalam pembuluh darah di sekitar vagina. Varises vagina terjadi pada bagian labia mayora atau bagian luar vagina yang memiliki dua sisi mengalami tonjolan.

Secara umum varises terjadi di bagian tangan dan kaki saja. Tapi ternyata tidak, ada banyak varises yang terjadi di organ dalam manusia seperti di rektum (usus besar dekat anus) dan lambung. Bahkan varises juga bisa terjadi di bagian vagina, vulva (bibir kemaluan), atau pun skrotum. Vagina atau vulva yang mengalami varises dapat ditandai dengan adanya rasa gatal, perubahan kulit menjadi kebiruan, dan terjadi pelebaran di sekitar bibir vagina.

Varises vagina merupakan kelainan pada pembuluh darah yang menggembung pada dinding vagina bagian luar atau pun di dalam vagina. Varises vulva merupakan benjolan vena yang terlihat dari luar kulit vulva atau “bibir” vagina yang letaknya di dekat pintu masuk vagina. Varises vagina atau vulva membuat vulva tampak sangat besar, dan bisa dilihat dari kulitnya yang terlihat abnormal.

Varises vagina tidak menimbulkan gejala yang bisa dilihat secara kronis. Tapi benjolan pembuluh darah di bawah kulit atau mukosa pada vulva begitu kentara. Varises vagina membuat vagina terjadi pelebaran pembuluh darah yang sangat terlihat jika dilihat dari luar vagina.

Pemahaman Tentang Varises Vagina

Varises vagina banyak sekali ditemui pada para wanita hamil. Sebagian besar wanita yang sedang hamil juga mengalami varises vagina. Varises vagina pada umumnya tidak mengalami gangguan saat melakukan kelahiran normal. Tapi bagi penderita varises vagina yang sudah parah seringkali dianjurkan untuk cesar.

Setelah dilakukan adanya persalinan, nanti varises akan mengecil dengan sendirinya. Tapi ketika ibu mengalami kehamilan berikutnya bisa jadi varisesnya muncul kembali. Apabila ibu hamil lagi, pada umumnya varises akan datang kembali. Varises vagina  seringkali membuat adanya pendarahan ketika sedang mengalami persalinan karena dinding pembuluh darah terpecah setelah terjadi trauma atau laserasi jalan saat melahirkan bayi. Tapi perdarahannya hanya sebentar saja.

Demikian informasi mengenai definisi dan pemahaman varises vagina. Semoga Pembaca wanita segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami hal yang serupa. Jangan sampai varises yang terjadi semakin parah dan ukurannya semakin membesar. Karena akan sangat berpengaruh bagi jalan lahir ketika sudah mulai melahirkan anak nantinya. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here