Definisi dan Pengertian Batu Kandung Kemih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehidupan yang semakin maju dan canggih membuat seseorang harus lebih menjaga dari agar tidak merasa dampak buruknya. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan tubuhnya karena banyak berbagai jenis penyakit yang bermunculan dan menurunnya tingkat kesehatan seseorang yang diakibatkan oleh modernisasi jaman seperti pola hidup yang tidak sehat, malasnya berolahraga, aktivitas dan kesibukan yang mungkin akan beresiko terhadap kesehatan, pola makan dan lain sebagainya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat pola hidup tidak sehat dan pola makanan yaitu penyakit batu kandung kemih. Apa yang anda ketahui mengenai penyakit tersebut?

Apa yang dimaksud dengan penyakit kandung kemih?

Batu kandung kemih merupakan suatu kondisi batu yang terbentuk dari endapan mineral yang terdapat di dalam kandung kemih. Kondisi ini disebut dengan istilah bladder calculi atau istilah lain penyakit ini disebut dengan urolithiasis. Ukuran batu kandung kemih berbagai macam variasi dan semua orang beresiko mengalami penyakit ini. Akan tetapi seorang pria yang berumur 52 tahun atau lanjut usia akan lebih sering mengalami penyakit ini, terutama bagi mereka yang sedang menderita pembesaran prostat. Berikut ini beberapa pengertian atau definisi penyakit batu kandung kemih menurut para ahli, diantaranya yaitu :

  1. Urolithiasis adalah suatu kondisi atau penyakit batu yang terdapat pada saluran kemih. Sedangkan nefrolithiasis merujuk pada penyakit batu ginjal. Urolithiasis suatu penyakit yang merujuk adanya batu yang terdapat di dalam sistem perkemihan. Batu atau yang disebut dengan kalkuli ini dibentuk di dalam saluran kemih mulai dari ginjal ke kandung kemil oleh proses kristalisasi dari substansi ekskresi di dalam urin. (Nursalam, 2006).
  2. Urolithiasis atau batu kandung kemih merupakan suatu penyakit dimana terbentuknya batu berupa kristal yang mengenda dari urin di dalam saluran kemih individu. (Mehmed dan Ender, 2015).
  3. Urolithiasis merupakan suatu kondisi yang obstruksi benda padat yang terdapat pada saluran kencing yang disebabkan adanya faktor presipitasi endapan dan senyawan tertentu di dalamnya. (Grace dan Borley, 2006).
  4. Menurut Moe tahun 2006 dan Pearle tahun 2005 menyatakan bahwa pembentukan batu kandung kemih dapat terjadi ketika terjadinya kenaikan atau tingginya konsentrasi kristal urne yang kemudian membentuk batu seperti zat kalsium, oksalat, asam urat dan zat yang menghambat pembentukan batu (sitrat) yang rendah).
  5. Urolithiasis adalah suatu kondisi atau penyaki berkumpulnya batu yang terdapat di dalam kandung kemih. Menurut Prabawa dan Pranata pada tahun 2014 menjelaskan bahwa secara rinci ada beberapa istilah atau penyebutan penyakit batu berdasarkan letak batu tersebut, diantaranya sebagai berikut :
  • Nefrolithiasis merupakan suatu istilah atau sebutan untuk penyakit batu pada ginjal.
  • Ureterolithiasis suatu istilah untuk penyakit batu pada ureter.
  • Batu yang terdapat pada vesika urinaria disebut dengan istilah vesikolithiasis. Penyakit ini dalam masyarakat ada yang menyebutnya dengan sebutan batu buli. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here