Definisi dan Pengertian Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita hamil mengalami perubahan fisiologi yang tentunya berpengaruh pada sistem metabolisme karbohidrat karena terdapat hormon plasenta yang bersifat resistensi terhadap insulin atau yang disebut dengan diabetogenik. Beberapa faktor yang dapat mengganggu keseimbangan metabolisme karbohidrat muncul karena meningkatnya umur kehamilan sehingga hal tersebut menyebabkan toleransi glukosa yang terganggu.

Diabetes yang muncul dan hanya terjadi pada saat kehamilan memang sudah disinggung oleh Ducan sejak satu abad yang lalu meskipun WHO baru mengakui adanya diabetes mellitus gestasional (DMG) pada tahun 1980 sebagai bentuk diabetes tersendiri. Diabetes melitus gestasional (DMG) merupakan suatu kondisi intoleransi glukosa atau karbohidrat yang memiliki derajat yang bervariasi yang terjadi atau pertama kali ditemukan pada masa kehamilan.

Berikut ini beberapa definisi dan pengertian diabetes gestasional atau DMG pada ibu hamil, yaitu:

  1. Diabetes gestasional atau dikenal sebagai (DMG) adalah suatu kondisi penyakit diabetes yang muncul pada masa kehamilan dan sebelum masa kehamilan kadar glukosa darah wanita tersebut selalu normal. Biasanya kondisi ini akan menjadi normal setelah selesai proses persalinan. Faktor resiko terjadinya kondisi ini yaitu wanita yang hamil dengan umur lebih dari 25 tahun dan memiliki riwayat diabetes dari keluarga, mengalami infeksi yang berulang, melahirkan bayi dengan kondisi makrosomia yaitu berat badan bayi lebih dari 4 kg. (ADA, 2012).
  2. Dalam buku Ilmu Penyakit Dalam edisi V menjelaskan bahwa penyakit diabetes pada kehamilan dibagi menjadi dua yaitu pertama diabetes sebelum hamil dan kemudian menjadi hamil dan diabeters yang baru ditemukan pada masa kehamilan atau yang disebut dengan diabetes gestasional. Diabetes gestasional merupakan suatu kondisi dimana terjadinya atau pertama kali ditemukannya intoleransi glukosa pada saat kehamilan. berlakunya definisi tersebut dengan tidak memandang apakah wanita hamil penyandang diabetes tersebut mendapatkan terapi insulin atau diet saja, dan pada setelah melahirkan keadaan intoleransi glukosanya akan masih dalam keadaan yang tetap (W. Sudoyo , 2009).
  3. Diabetes gestasional atau DMG merupakan suatu intoleransi glukosa yang ditemukan atau dimulai pada masa kehamilan. kemungkinan terdapatnya intoleransi kadar glukosa tersebut tidak dapat dikesampingkan kemungkinannya karena munculnya tidak diketahui selama kehamilan. Akan tetapi kondisi ini akan kembali lagi menuruju regulasi glukosa yang normal setelah ibu melewat proses melahirkan. (Prawirohardjo, 2010).
  4. Wanita hamil yang sebelum hamil tidak memiliki riwayat diabetes akan tetapi dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat di sebut dengan istilah diabetes melitus gestasional. (American Diabetes Association, 2014).
  5. Menurut pendapat Marilyn 2001 menyatakan bahwa diabetes melitus gestasional merupakan suatu kondisi kelainan pada masa kehamilan. kelainan tersebut terjadi pada sistem metabolisme karbohidrat dari faktor yang dapat memberatkan kehamilan tersebut.
  6. Diabetes gestasional yaitu suatu kondisi yang terjadi pada saat kehamilan dengan adanya gangguan dari glukosa dan biasanya akan menghilang setelah proses persalinan. (Murray et all, 2002). (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here