Definisi dan Pengertian Kanker Paru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Paru-paru menjadi salah satu organ vital bagi manusia. Hanya saja paru-paru bisa rentan terserang penyakit seperti bronkitis, TBC hingga yang paling berbahaya adalah kanker paru-paru. Dalam artikel ini secara khusus akan dibahas mengenai penyakit kanker paru-paru untuk menambah wawasan Pembaca SehatFresh.

Pengertian dan gejala umum kanker paru-paru

Sama seperti penyakit kanker lainnya, penyakit kanker paru-paru juga sangat berbahaya dan mengancam nyawa yang menderitanya. Kanker paru-paru merupakan suatu penyakit dengan ciri khusus yakni adanya perkembangan sel yang tidak terkontrol di jaringan paru-paru.

Jika tidak segera ditangani, maka pertumbuhan sel tersebut bisa menyebar ke luar paru-paru. Penyebaran tersebut adalah sebuah proses yang diistilahkan metastasis ke jaringan terdekat atau bagian lainnya.

Kanker yang diawali pada paru-paru juga dikenal sebagai kanker paru primer. Kanker paru-paru primer merupakan karsinoma yang berawal dari sel epitelium. Kanker paru-paru primer menjadi awal mula munculnya kanker, sebelum menyebar ke organ tubuh lainnya.

Penderita kanker paru-paru memiliki gejala-gelaja khusus. Gejala yang paling umum adalah batuk, berat tubuh menurun, hingga sesak napas. Gejala akan semakin parah apabila batuk yang keluar juga disertai darah.

Jenis kanker paru-paru primer

Berdasarkan jenis sel-nya, kanker paru-paru primer terbagi menjadi dua. Pertama kanker paru-paru sel kecil atau small-cell lung cancer (SCLC). Kedua kanker paru-paru non-sel kecil atau non-small-cell lung cancer (NSCLC).

  1. Kanker paru-paru sel kecil (SCLC). Faktanya sekitar 10% hingga 15% dari penderita kanker paru-paru tergolong SCLC. Istilah lain untuk menamakan SCLC adalah karsinoma sel gandum atau oat sel kanker. Kanker jenis ini lebih banyak diderita oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok. SCLC umumnya diawali pada bronkus yang terletak didekat pusat dada. Kemudian kecenderungan proses penyebaran sel kanker tersebut juga terjadi secara cepat.
  2. Kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC). Faktanya sekitar 80% hingga  90% dari penderita kanker paru-paru tergolong   Hal tersebut muncul karena jenis kanker NSCLC memiliki peluang empat kali lebih besar terjadi, dibandingkan dengan golongan kanker SCLC.

Faktor penyebab kanker paru-paru

Kanker paru-paru dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Hanya saja faktor terbesar dari berbagai kasus adalah karena penderita aktif merokok. Kebiasaan merokok dapat disebut sebagai faktor penyebab utama terserangnya kanker paru-paru.

Tentu saja resiko terbesar bagi pasien yang terserang kanker paru-paru ada pada orang-orang yang menjadi perokok aktif. Meskipun demikian, bukan berarti orang yang tidak merokok lantas tidak bisa terserang kanker paru-paru. Pasalnya orang yang tidak merokok juga memiliki resiko terserang kanker paru-paru, akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Selain asap rokok, terdapat pula beberapa faktor penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan kanker paru-paru. Misalnya saja terkena radiasi tinggi, polusi udara, asap kendaraan bermotor, asap limbah industri, hingga terkena paparan angin dalam intensitas yang tinggi. Alhasil gaya hidup sehat juga harus dipraktikan guna menghindari ancaman kanker paru-paru. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here