Definisi dan Pengertian Makanan Olahan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pangan diartikan sebagai segala sesuatu yang bersumber dari sumber hayati atau air, baik itu yang diolah maupun yang tidak diolah. Pengertian pangan sendiri menurut Peraturan Pemerintah RI nomer 28 tahun 2004 yaitu segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air baik sudah diolah atau belum diolah yang diperuntukan sebagai makanan dan minuman bagi manusia termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku dan bahan lainnya yang digunakan sebagai proses penyimpanan, pengolahan atau pembuatan itu sendiri.

Jenis-jenis pangan dibedakan antara panganan segar atau panganan olahan. Panganan segar yaitu pangan yang belum mengalami pengolahan dan dapat dikonsumsi langusng bahakan dapat dijadikan sebagai bahan baku pengolahan yang dapat dimakan oleh manusia. Seperti beras, gandum, segala macam buah dan sayuran, ikan, daging bahkan air. Sedangkan panganan olahan yaitu panganan atau minuman yang yang telah diolah dan diproses dengan cara metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan. Seperti halnya daging yang dibekukan hanya berasal dari daging segar saja, tetapi sosis adalah makanan yang diolah dari bahan dasar hewani menjadi daging dan di proses untuk dijadikan menjadi sosis dan rempah-rempah lainnya.

Makanan olahan tidak selalu tidak sehat, namun apapun yang telah diolah bisa mengalami tambahan gula, garam dan lemak. Dan salah satunya untuk menghindari penambahan makanan tersebut dengan anda mesak sendiri. Perlu anda ketahui keuntungan jika anda memasaj sendiri yaitu dengan anda mengetahui pasti apa yang akan anda buat dan bahan olahan apa yang akan anda jadikan makanan yang anda olah, termasuk anda mengolah dengan tambahan garam, gula, micin dan bahan lainnya. Meskipun makanan buatan sendiri terkadang anda menggunakan bahan-bahan olahan.

Sebagaian besar makanan yang dibeli di supermarket telah mengalami proses pengelolahan dengan cara makanan yang umunya ditemukan antara lain:

  1. Sereal serapan
  2. Keju
  3. Bahan yang berkaleng
  4. Roti
  5. Daging ringan
  6. Daging olahan seperti naget, sosis, bakso.
  7. Makanan siap saji
  8. Bahkan sampai semua jenis minuman yang mengandung glukosa, alkohol bahkan minuman mineral.

Tehnik yang dapat gunakan dalam pengelolahan makanan olahan adalah pembekuan, pengelengan, pengeringan, baking dan pasteurisasian.

Perlu anda ketahui tidak semua makanan olahan merupakan makanan yang buruk untuk anda konsumsi. Karena beberapa makanan memerlukan proses pengelolahan untuk membuat makanan tersebut agar tetap aman seperti hal nya susu yang memag membutuhkan proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya jika masuk kedalam tubuh kita. Pembekuan buah dan sayur juga dapat mempertahankan sebagian besar vitamin yang terkandung didalamnya agar bermanfaat untuk tubuh kita, sementara produk yang dalam kemasan kalengan jika anda memilih pilihlah yang tanpa mengandung gula dan garam dan dapat lebih praktis disimpan dan dimasak jika menjadi pilihan menu makanan anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here