Definisi dan Pengertian Penyakit Batu Ginjal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi untuk mengatur sistem sekresi dan penyaringan darah. Manusia memiliki dua ginjal yakni di bagian kanan dan kiri. Lantas apa saja informasi yang harus difahami setiap orang mengenai ginjal?

Apa pengertian batu ginjal?

Batu ginjal merupakan kondisi terdapatnya benda padat seperti batu, yang muncul akibat sisa pengendapan atau pengkapuran kristal hasil sekresi pada tubuh. Batu ginjal memang paling sering dibentuk oleh kalsium yang berlebihan dalam tubuh, namun tidak menutup kemungkinan muncul juga dari senyawa lainnya.

Munculnya batu pada ginjal tentu saja mengakibatkan sakit yang luar biasa hebat. Kemudian pada beberapa kasus juga bisa menyebabkan perdarahan pada urin akibat infeksi dan juga penyumbatan pada aliran kemih.

Bagaimana terbentuknya batu ginjal?

Pada sistem urinaria (sekresi) ginjal memiliki fungsi untuk melakukan penyaringan di darah. Penyaringan tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan kadar mineral yang terdapat dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan air, maka ginjal ajan memenuhi kebutuhan cairan melalui darah. Kemudian selebihnya akan dibuang melalui ureter ke kandung kemih sebagai urin.

Begitu juga dengan jenis senyawa lainnya seperti kalsium, vitamin dan zat lainnya. Senyawa-senyawa tersebut memang dibutuhkan bagi tubuh, namun jika terlalu banyak maka akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urin.

Sebagai contoh adalah pemenuhan kalsium di dalam tubuh. Ketika kadar kalsium di dalam tubuh terlalu tinggi, ginjal akan bekerja untuk mengeluarkannya melalui urin. Namun jika kadar kalsium yang tinggi terjadi terus-menerus, maka ginjal bisa mengalami penurunan fungsi.

Dampaknya zat kalsium dapat menumpuk, sehingga perlahan-lahan mengendap. Lambat laun terbentuklah massa padat yang akhirnya disebut batu ginjal. Selain kalsium, penyebab batu ginjal juga bisa dipengaruhi karena kurangnya minum air putih.

Kurangnya kadar sitrat juga bisa berpotensi munculnya batu ginjal. Sitrat adalah suatu zat yang dapat menghambat proses pembentukan batu kalsium. Selain itu pembentukan batu ginjal juga bisa dipengaruhi karena tingginya kadar oksalat dalam tubuh. Oksalat adalah suatu zat yang juga ikut berkontribusi dalam terbentuknya batu akibat kalsium.

Pembentukan batu ginjal akan terjadi dengan proses yang bertahap. Itu artinya proses pengkristalan ini akan membutuhkan waktu yang lama. Berawal dari ukuran kecil, batu perlahan-lahan akan membesar. Kondisi tersebut akhirnya mengakibatkan gangguan fungsi pada ginjal.

Apa tanda & gejala batu ginjal?

  1. Penderita batu ginjal umumnya akan mengalami nyeri pada punggung yang sangat hebat.
  2. Nyeri awalnya terjadi pada sekitar tulang rusuk. Kemudian menjalar ke pinggang, perut, hingga paha bagian dalam.
  3. Nyeri yang teramat sangat itu akan menyebabkan demam dan menggigil.
  4. Penderita juga bisa mengalami mual dan muntah karena gangguan di perut.
  5. Jika kondisinya parah, maka penderita batu ginjal akan mengalami buang air kecil yang disertai darah. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here