Definisi dan Pengertian Penyakit Batu Kandung Kemih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bladder Calculi atau lebih dikenal dengan batu kandung kemih merupakan suatu endapan mineral yang membentuk menjadi batu dan berada di saluran kemih seseorang. Batu kandung kemih ini lebih berisiko pada pria dibanding wanita, apalagi pria yang memiliki riwayat menderita pembesaran prostat.

Batu di dalam saluran kemih atau kalkulus uriner adalah massa keras seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih dan bisa saja menyebabkan rasa nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi pada penderitanya.

Penyakit yang sering disebut dengan kencing batu (batu kandung kemih) ini merupakan kejadian dimana ditemukan batu kemih, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih dan juga uretra (saluran kencing paling luar).

Batu kandung kemih ini biasanya memunculkan gejala atau ada gejala yang dirasakan dan ada juga orang yang menderita batu kandung kemih namun tidak merasakan gejalanya sama sekali. Untuk angka kejadian dengan gejala seperti nyeri hebat dapat terjadi 1 sampai 2 kasus di antara 1000 penduduk yang ada. Sedangkan batu kandung kemih tanpa gejala dapat terjadi pada 1 penduduk di antara 10 penduduk.

Kecenderungan batu kandung kemih lebih menyerang laki-laki dibanding wanita karena dipengaruhi oleh beberapa hal yang cenderung menyebabkan endapan pada saluran kemih tersebut. Hal-hal tersebut meliputi gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat seperti minum alkohol dan lain-lain, obesitas atau berat badan berlebih dan sering makan makanan western atau junk food. Perlu diketahui juga, jika anda menderita batu kandung kemih di bawah usia 30, maka saat usia 30 sampai 50 tahun ada kemungkinan batu kandung kemih akan menyerang anda kembali.

Selain gaya hidup, obesitas dan makanan western. Ada juga beberapa hal yang dapat menyebabkan batu kandung kemih. Meliputi peradangan pada kandung kemih karena terapi radiasi pada area panggul, adanya sistokel (kondisi dimana kandung kemih turun dan menonjol ke arah vagina) pada wanita, pernah dipasang kateter, rusaknya saraf kandung kemih, Divertikel kandung kemih (terbentuknya kantong pada dinding kandung kemih), dan pernah menjalani operasi pembesaran kandung kemih.

Itulah penjelasan mengenai definisi dan pengertian kandung kemih. Kita sudah mengetahui banyak hal mengenai penyebab dan siapa saja yang bisa terkena batu kandung kemih dan ternyata paling banyak di derita oleh kaum pria. Jika anda ingin terhindar dari batu kandung kemih maka sebaiknya mulai sekarang perbaiki gaya hidup ke arah yang lebih sehat sehingga jauh dari penyakit batu kandung kemih ini. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here