Definisi dan Pengertian Penyakit Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak orang takut makan gorengan karena ancaman penyakit jantung koroner? Sebenarnya apa definisi dan pengertian penyakit jantung koroner? Simak artikel berikut ya.

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

  • Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya kerusakan dinding pada pembuluh darah. Faktor pendukung terjadinya resiko jantung koroner sebagian besar disebabkan oleh adanya radikal bebas dari rokok, polusi udara, kolesterol yang tinggi, penyakit hipertensi, dan diabetes.
  • Terlalu sering merokok serta mengkonsumsi makanan yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol membuat dinding dalam pembuluh darah tertimbun oleh plak. Plak membuat pembuluh darah terjadi penyempitan sehingga aliran darah tersumbat.
  • Fungsi jantung menjadi terganggu sebab perlu memompa darah lebih keras karena adanya penyumbatan tersebut. Plak yang menyumbat tersebut lama-kelamaan membuat pembuluh arteri koroner menjadi semakin sempit dan semakin mengeras.
  • Penyakit Jantung koroner membuat pembuluh darah mengecil atau menyempit sehingga proses pemasok darah dan oksigen ke arah jantung menjadi terhambat.
  • Penyakit jantung koroner biasa disebut juga dengan penyakit arteri kononer. Sebab penyakit jantung koroner juga disebabkan oleh terjadinya aterosklerosis.
  • Aterosklerosis ini terjadi karena bahan lemak dan zat lainnya menimbun plak di dinding arteri. Sehingga membuat arteri menyempit. Aliran sempit di arteri coroner dan aliran darah ke arah jantung melambat atau bahkan berhenti.
  • Sehingga penderitanya sering mengalami nyeri dada, sesak pada napas, serangan jantung secara tiba-tiba, dan gejala yang lain saat , sibuk melakukan berbagai macam aktivitas.
  • Pencegahan kasus jantung koroner perlu adanya sosialisasi hidup secara sehat dan memberikan kampanye antirokok secara masif. Mengajak masyarakat melakukan kampanye rajin olahraga dan menjaga hidup sehat kepada para masyarakat atau organisasi dengan bantuan rumah sakit.
  • Terjadinya penyakit jantung koroner ialah sebagai adanya kondisi Gliko lipo toksisit, kebiasaan makan makanan manis serta mengandung banyak lemak. Kebiasaan sedentary living, atau hidup yang terlalu santai sehingga kurang aktivitas fisik. Polusi lingkungan yang berat oleh banyaknya radikal bebas.
  • Radikal bebas merupakan penyebab jantung koroner yang paling besar karena adanya ion molekul yang tidak memiliki pasangan sehingga sangat memungkinkan untuk mengikat molekul lain sehingga membuat adanya perubahan sifat. Sel pembuluh darah semakin cepat mati karena terjadinya penyempitan pembuluh darah. Sel yang berubah sifatnya  misalnya ialah sel kanker.
  • Penyakit jantung koroner memang sebuah penyakit yang terjadi selama kurun waktu lama tapi gejalanya bisa dirasakan ketika sudah mulai terjadi penyumbatan.

Demikian informasi mengenai definisi dan pengertian mengenai penyakit jantung koroner. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia dan bisa melakukan pencegahan sedini mungkin dan memiliki jantung yang sehat sejak muda hingga tua. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY